Menu

Menakjubkan! Ampuh Atasi Diabetes, Ini 5 Manfaat Kunyit yang Gak Banyak Orang Tahu Serta Cara Mengonsumsinya dengan Benar

28 November 2022 19:20 WIB

Kunyit.(PinterestEdited by HerStory)

HerStory, Jakarta —

Moms pasti sudah tak asing dengan kunyit, bukan? Bumbu dapur berwana oranye ini kerap dimanfaatkan untuk mengatasi berbagai macam penyakit. Manfaat tersebut didapatkan dari kandungan kurkumin yang terdapat dalamnya.

Diketahui, kurkumin memiliki sejumlah khasiat seperti memperkuat sistem kekebalan tubuh, mencegah peradangan, serta melindungi dan memperbaiki saraf yang rusak. Nah, berikut ini 5 manfaat kunyit untuk mengobati sejumlah penyakit kronis, seperti dikutip laman Femina.in.

1. Antiinflamasi

Kandungan kurkumin dalam kunyit memiliki sifat antiinflamasi yang dapat membantu tubuh mengurangi peradangan pada tingkat sel. Selain itu, kurkumin juga berkhasiat meredakan peradangan di lapisan tengah mata dan mengurangi peradangan ginjal.

2. Pereda nyeri

Sifat antiinflamasi yang ada pada kurkumin juga bisa dimanfaatkan untuk meredakan nyeri. Menurut penelitian, suplemen kurkumin yang diperkaya dengan ekstrak piperin atau lada hitam dapat meringankan gejala radang sendi dan nyeri sendi.

3. Mengobati diabetes

Kurkumin juga dapat mengatasi penyakit diabetes, yakni dengan mengatur kadar gula darah dan meningkatkan fungsi reseptor insulin tubuh. Selain itu, kandungan kurkumin yang ada di dalam kunyit juga dapat mengurangi kerusakan yang disebabkan oleh enzim hati berbahaya yang melepaskan gula ke dalam aliran darah, Moms.

4. Mengobati kanker

Mengonsumsi kunyit sebagai obat herbal dapat membantu menghentikan sel kanker dari pembentukan pembuluh darah baru untuk suplai darah dan bahan bakar. Kandungan kurkumin juga mampu menghancurkan mitokondria sel kanker serta mencegah pembentukan sel kanker lebih lanjut.

5. Menurunkan kadar kolesterol

Penderita kolesterol disarankan untuk mengonsumsi kunyit yang berkhasiat meningkatkan HDL atau kadar kolesterol baik. Kandungan kurkumin dalam kunyit dipercaya mampu menurunkan kadar kolesterol dan trigliserida hingga 47 persen.

Itulah lima manfaat kunyit yang bisa mengatasi beberapa penyakit kronis. Lantas, bagaimana cara mengonsumsinya? Untuk mendapatkan manfaat kunyit, cara mengonsumsinya cukup mudah, Moms.

Kami bisa parut beberapa buah kunyit kemudian rebus dengan air hingga mendidih. Setelah beberapa menit, angkat kemudian saring serat kunyit. Tunggu hingga ramuan dingin dan kemudian kamu bisa mengonsusminya.

Lihat Sumber Artikel di GenPI

Disclaimer: Artikel ini merupakan kerja sama HerStory dengan GenPI. Hal yang terkait dengan tulisan, foto, grafis, video, dan keseluruhan isi artikel yang tayang di website ini menjadi tanggung jawab HerStory.

Share Artikel:

Oleh: Sri Handari

Artikel Pilihan