Menu

Sering Dianggap Sepele, 5 Penyakit Ini Ternyata Bisa Jadi Pemicu Mati Muda, Gawat!

29 November 2022 08:10 WIB

Ilustrasi serangan jantung. (Pinterest/Edited by HerStory)

HerStory, Jakarta —

Setiap orang pasti ingin memiliki tubuh yang sehat dan umur yang panjang. Namun, masih banyak orang yang mengabaikan pentingnya gaya hidup sehat.

Sebuah penelitian yang dilakukan di Universitas Johns Hopkins mengungkapkan bahwa gaya hidup yang buruk bisa menjadi pemicu munculnya penyakit serius, terutama pada anak muda.

Melansir dari Hopkins Medicine (29/11/2022), berikut ini beberapa penyakit yang sering kali muncul dan menjadi pemicu mati muda. Yuk, simak baik-baik, ya!

Tekanan darah tinggi

Tekanan darah tinggi atau hipertensi dapat menyebabkan berbagai macam komplikasi kesehatan yang membahayakan nyawa jika enggak ditangani dengan tepat. Bahkan, hipertensi bisa menyebabkan peningkatan risiko terjadinya penyakit jantung, stroke, hingga kematian.

Diabetes tipe 2

Diabetes tipe 2 banyak menyerang anak muda karena gaya hidup yang enggak sehat, seperti mengonsumsi banyak kalori, sering minum manis, dan makan makanan cepat saji. Banyak juga yang enggak sadar mereka mengidap diabetes tipe 2 karena enggak mengalami gejala apa pun.

Kanker usus besar

Penyakit kanker usus besar dan dubur dapat menyerang orang yang lebih muda. Profeson Onkologi di Fakultas Kedokteran Universitas Johns Hopkins, Nilo Azad mengungkapkan bahwa generasi milenial semakin terpengaruh oleh penyakit ini.

Penyusutan otak

Penyusutan otak memang akan terjadi seiring bertambahnya usia. Namun, anak muda juga bisa mengalami penyusutan otak karena gaya hidup yang enggak sehat. 

Stroke

Umumnya, stroke terjadi pada orang berusia di atas 65 tahun. Namun, penelitian terbaru menemukan adanya lonjakan 32 persen stroke di kalangan wanita usia 18 hingga 34 tahun.

Nah, itulah beberapa penyakit yang bisa memicu mati muda. Hati-hati, ya!

Artikel Pilihan