Menu

Bisa Bikin Kolesterol Tinggi 'Ngamuk', Cepat Hindari 3 Kebiasaan Ini Kalau Masih Mau Sehat

30 November 2022 08:10 WIB

Ilustrasi kolesterol tinggi. (Pinterest/Edited by HerStory)

HerStory, Jakarta —

Kadar kolesterol yang tinggi tentu enggak boleh disepelekan. Jika enggak ditangani dengan tepat, kolesterol tinggi bisa jadi pemicu masalah kesehatan yang lebih berbahaya.

Nah, ternyata ada beberapa kebiasaan buruk yang bisa menjadi pemicu tingginya kadar kolesterol dalam darah. Sudah tahu belum kebiasaan apa saja?

Melansir dari berbagai sumber (30/11/2022), berikut ini beberapa kebiasaan yang bisa meningkatkan kolesterol dalam darah. Yuk, simak baik-baik, ya!

Jarang konsumsi serat

Serat memiliki peran penting dalam menjaga kadar kolesterool dalam darah. Serat dapat mengikat kolesterool dan membersihkannya dari aliran darah.

Ahli diet berlisensi Danielle McAvvoy, RD, mengatakan bahwa orang dengan kolesterol tinggi harus berusaha lebih keras untuk mengonsumsi 25 sampai 30 gram serat yang direkomendasikan per hari.

Kebanyakan makan gorengan

Terlalu sering mengonsumsi gorengan sangat berisiko untuk kesehatan. Jenis gorengan yang dimaksud bukan hanya seperti jajanan kaki lima yang populer di Indonesia, tapi juga ayam goreng di resto cepat saji.

"Makanan tersebut perlu dihindari karena minyak terhidrogenasi yang digunakan untuk menggoreng mengandung lemak jahat yang bisa meningkatkan kolesterol jahat dalam tubuh," ujar Beth Hawkes, ahli diet terdaftar dan pemilik Nurse Code.

Sering ngemil dan konsumsi makanan kemasan

Untuk menjaga kadar kolesterol tetap aman dan terkontrol, sebaiknya hindari atau batasi konsumsi makanan kemasan.

"Makanan ini dapat meningkatkan kolesterol karena memiliki sedikit serat di dalamnya, sering kali mengandung minyak sawit yang sangat jenuh dan mengandung sedikit nutrisi sehat, membuatnya meradang dan cenderung meningkatkan kolesterol," ungkap ahli diet Dana Elis Hunnes.

Nah, itulah beberapa kebiasaan yang bisa meningkatkan kolesterol tinggi. Semoga bermanfaat!

Artikel Pilihan