Menu

Hempas Perut Buncit, 8 Makanan Ini Ampuh Kecilkan Lemak dan Bikin Langsing Seketika!

02 Desember 2022 20:05 WIB

Ilustrasi lemak perut buncit yang membandel. (Freepik/Edited by HerStory)

HerStory, Jakarta —

Buncit merupakan kondisi yang terjadi akibat adanya penumpukan lemak di area perut. Hal ini memang gak berbahaya namun sering membuat kepercayaan diri jadi merosot.

Salah satu cara untuk mengatasi perut buncit adalah dengan mengonsumsi makanan tertentu, Beauty! Makanan tertentu diyakini mampu menekan rasa lapar dan membuat kamu merasa kenyang sehingga gak perlu khawatir akan makanan berlebihan.

HerStory sudah merangkum informasi mengenai cara mengecilkan perut buncit dalam artikel berikut ini, ya!

1. Timun

Timun sangat segar jika dimakan dan mengandung 96% air. Selain mencegah dehidrasi, kandungan air bisa membuat perut mudah kenyang sehingga kamu gak akan makanan secara berlebihan.

Terlebih, timun juga kaya akan vitamin C, vitamin K, asam folat, dan antioksidan flavonoid yang tentunya menyehatkan tubuh. Buah ini sangat mudah dinikmati, baik itu dimakan makan langsung, dibuat salad, diacar, atau dijus.

2. Kacang-kacangan dan gandum

Salah satu cara untuk menghilangkan lemak perut adalah meningkatkan asupan makanan yang mengandung serat larut. Contohnya gandum, berbagai jenis kacang, dan buah beri.

Jessica Crandal, seorang ahli gizi dari Academy of Nutrition and Dietetics mengatakan pada Reader’s Digest bahwa serat larut dapat mengendalikan gula darah lebih baik daripada karbohidrat. Sebaiknya kamu mengonsumsi 25-35 gram serat larut per hari, ya.

3. Pisang

Pisang adalah camilan aman dan ampuh untuk mengecilkan perut. Buah ini mengandung karbohidrat sehat yang dicerna tubuh secara perlahan sehingga membuat kamu merasa kenyang lebih lama.

4. Pepaya

Pepaya mengandung vitamin A, vitamin C, dan vitamin E yang naik untuk tubuh. Selain itu, buah ini juga kaya akan serat dan mengandung enzim proteolitik yang mencegah perut kembung, peradangan, dan masalah pencernaan. 

5. Cabai

Mungkin banyak yang gak menyangka jika cabai masuk dalam menu diet sehat untuk mengecilkan perut. Cabai mengandung capsaicin, yaitu bahan aktif yang membuat cabai terasa pedas ketika dimakan atau menyentuh kulit. 

Nah, rasa pedas dari cabai ternyata bisa mengurangi keinginan untuk makan makanan yang berlemak, asin, dan manis. Tenang, kamu gak harus mengonsumsinya mentah-mentah, kok. Cukup tambahkan irisan cabai pada telur dadar, salad, atau tumis sayur kesukaan kamu, Beauty.

6. Yogurt

Yogurt mengandung bakteri baik yang menyehatkan pencernaan. Bahkan, mencegah perut kembung dan membuat perut merasa kenyang lebih lama. Ini mencegah kamu untuk ngemil makanan snack asin atau kue yang manis. 

7. Alpukat

Satu buah alpukat mengandung serat dan lemak tak jenuh tunggal yang sehat untuk jantung dan membantu untuk menurunkan berat badan. Studi menunjukkan orang yang rutin makan alpukat memiliki lingkar pinggang lebih kecil daripada yang enggak.

Selain mengenyangkan, lemak sehat dari buah ini juga melapisi usus dan membantu meningkatkan penyerapan nutrisi dari makanan lainnya.

8. Dark Chocolate

Makan cokelat gak selalu membuat gendut, kok, asalkan pilihannya adalah dark chocolate yang mengandung 65% buah kakao. Sama seperti alpukat, cokelat jenis ini juga mengandung asam lemak jenuh tunggal yang dapat membantu mempercepat metabolisme.

Namun, mengonsumsinya juga gak boleh berlebihan, apalagi jika kamu ingin mengecilkan perut. Menikmati dark chocolate sebagai camilan bisa meningkatkan mood dan menekan keinginan untuk ngemil makanan yang gak sehat.

Itu dia beberapa makanan yang efektif untuk mengecilkan perut. Namun, semuanya akan bekerja lebih maksimal jika kamu mengiringinya dengan olahraga teratur, ya!