Menu

3 Kebiasaan Makan Ini Bisa Bantu Cegah Kanker Usus, Harus Tahu Nih Biar Gak Sembarangan!

05 Desember 2022 08:00 WIB

Ilustrasi kanker usus (Yale University/Edited By HerStory)

HerStory, Jakarta —

Kanker usus menjadi salah satu penyakit yang menyebabkan banyak kematian. Untuk itu, penting untuk mengetahui penyebabnya supaya langkah pencegahannya bisa dilakukan dengan tepat.

Ada banyak cara yang bisa dilakukan untuk mencegah kanker usus, salah satunya dengan menerapkan kebiasaan makan yang sehat. Sudah tahu belum?

Melansir dari berbagai sumber (5/12/2022), berikut ini beberapa kebiasaan makan yang bisa bantu cegah  kanker usus. Yuk, simak baik-baik, ya!

Batasi asupan daging merah atau daging olahan

mengonsumsi terlalu banyak daging merah dapat meningkatkan risiko kanker usus. Selain daging merah, daging olahan seperti bacon dan sosis juga bisa meningkatkan risiko kanker usus yang lebih tinggi.

Jadi, mulai sekarang sebaiknya kamu kurangi atau hindari konsumsi daging merah dan daging olahan supaya terhindari dari kanker usus.

Cukupi kalsium dan vitamin D

Mendapatkan asupan kalsium dan vitamin D yang cukup bisa membantu melindungi tubuh dari kanker usu. Ahli merekoomendasikan 1000 hingga 1200 miligram kalsium per hari dan sekitar 1000 IU vitamin D per hari.

Makan banyak biji-bijian dan serat

Konsumsi makanan yang kaya biji-bijian dan serat dapat menurunkan risiko kanker usus. Direkomendasikan untuk makan 3 porsi atau lebih biji-bijian setiap hari dan 22 hingga  34 gram serat setiap hari, tergantung dengan jenis kelamin dan usia setiap orang.

Nah, itulah kebiasaan makan yang perlu diterapkan untuk cegah kanker usus. Semoga bermanfaat!