Menu

Cocok untuk Diabetesi, Ini 8 Makanan Terbaik untuk saat Gula Darahmu Turun Drastis, Rekomendasi Ahli!

05 Desember 2022 14:00 WIB

Ilustrasi Pemeriksaan Gula Darah. (The Alternative Daily/Edited By HerStory)

HerStory, Bogor —

Beauty, jika kamu seorang penderita diabetes, mengelola gula darahmu adalah hal yang paling penting. Jika gula darahmu erlalu rendah, juga disebut hipoglikemia, itu bisa berbahaya. Ya, jika kamu seorang penderita diabetes, penurunan gula darah berpotensi sangat berbahaya.

Meskipun reaksi setiap individu terhadap gula darah rendah berbeda, tanda dan gejala umum yang rendah termasuk merasa gemetar, berkeringat atau menggigil, lekas marah, kebingungan, detak jantung cepat, lapar, lelah, mual, penglihatan kabur, kesemutan atau mati rasa di lidah, bibir, atau pipi, dan kejang.

Satu-satunya cara untuk mengetahui apakah gula darahmu rendah adalah dengan memeriksa kadar gula darah, Beauty. Jika kadar gula darahmu turun terlalu rendah dan otak tak mendapatkan cukup glukosa (gula AKA), otak dapat berhenti berfungsi dengan baik, yang menyebabkan gejala seperti penglihatan kabur, sulit berkonsentrasi, kebingungan, dan bicara cadel. 

Jika gula darah terlalu rendah terlalu lama dan membuat otak kelaparan akan glukosa, ini dapat menyebabkan kejang dan bahkan koma.

Menurut American Diabetes Association, glukosa darah rendah adalah ketika kadar glukosa darahmu turun cukup rendah sehingga kamu perlu mengambil tindakan untuk mengembalikannya ke kisaran targetmu, Beauty.

Ini biasanya terjadi ketika glukosa darahmu kurang dari 70 mg/dL. Dianjurkan untuk selalu berbicara dengan profesional kesehatan untuk mengetahui dengan tepat apa yang harus dilakukan untuk Anda.

The American Diabetes Association memiliki "aturan 15-15", yang mengatakan memiliki 15 gram karbohidrat untuk meningkatkan gula darah dan memeriksanya setelah 15 menit. 

Jika gula darahmu masih di bawah 70 mg/dL, maka minumlah 15 gram lagi. Ulangi sampai gula darah minimal 70 mg/dL. Setelah gula darah kembali normal, maka makan atau camilan untuk memastikannya tidak turun kembali. 

Dan berikut adalah makanan terbaik saat gula darahmu turun drastis, Beauty, catat ya!

1. Jus

Minumlah 1/2 cangkir jus jeruk, jus apel, atau jus pilihan lainnya untuk mendapatkan dosis gula yang tinggi dengan cepat.

2. Soda

Minumlah 1/2 cangkir soda biasa – seharusnya bukan soda diet, karena kamu membutuhkan gula dan kalori saat ini.

3. Madu

1 sendok makan madu mengandung sekitar 17 gram gula — jumlah yang disarankan untuk mengikuti "aturan 15-15".

4. Sirup jagung

Simpan sebotol sirup jagung di lemari dan minum 1 sendok makan saat gula darahmu di bawah 70 mg/dL. Ini akan menghasilkan sekitar 16 gram gula.

5. Gula pasir

Satu sendok makan gula putih mengandung 12,5 gram karbohidrat yang cepat menyerap, yang kamu inginkan saat gula darah turun drastis.

6. Jelly Bean

Sumber gula cepat lainnya adalah agar-agar, tetapi ukuran penyajiannya dapat bervariasi tergantung pada ukuran kacang tersebut. Periksa labelnya dan ambil sebanyak setara dengan 15 gram gula pasir.

7. Permen 

Permen juga dapat membantu menaikkan gula darah saat turun terlalu rendah. Tapi, mereka harus mengandung gula biasa dan bukan yang bebas gula. Seperti memiliki sekitar 17 gram karbohidrat dan 11 gram gula, yang kamu perlukan untuk mengikuti "aturan 15-15".

8. Gumdrops 

Permen  ini biasanya berwarna cerah, terbuat dari gelatin atau pektin, dan ditaburi sedikit gula. Delapan tetes permen karet standar mengandung sekitar 15 gram gula, tetapi bacalah labelnya, karena dapat bervariasi antar merek.