Menu

Awas, 3 Jenis Makanan Ini Bisa Picu Penyakit Ginjal, Kamu Paling Sering Konsumsi yang Mana?

06 Desember 2022 08:00 WIB

Ilustrasi Ginjal. (pinterest/cfnewstoday)

HerStory, Jakarta —

Penyakit ginjal merupakan gangguan fungsi pada organ ginjal. Kerusakan ginjal menyebabkan produk limbah dan cairan menumpuk di dalam tubuh. 

Penyakit ginjal ini bisa menyebabkan fungsi ginjal menurun. Ada beberapa penyebab mengapa seseorang bisa menderita penyakit ginjal, salah satunya konsumsi makanan yang sembarangan.

Melansir dari berbagai sumber (6/12/2022), berikut ini beberapa jenis makanan yang bisa jadi pemicu penyakit ginjal. Yuk, simak baik-baik, ya!

Makanan tinggi protein

Protein memang diperlukan oleh tubuh, khususnya untuk membantu memperbaiki jaringan tubuh, memperkuat daya tahan tubuh, dan menunjang tumbuh kembang.

Namun, terlalu banyak konsumsi makanan berprotein tinggi akan membuat beban kerja ginjal meningkat dan berdampak pada organ ginjal. Jadi, konsumsilah sesuai dengan kebutuhan.

Makanan tinggi gula

Terlalu banyak konsumsi makanan tinggi gula bisa memicu terjadinya diabetes. Diabetes ini dapat terjadi karena insulin sulit bekerja karena terlalu tingginya kadar gula dalam darah.

Kadar gula yang terlalu banyak dan sulit terkontrol ini dapat menyebabkan kerusakan pada organ ginjal. Jadi, jangan terlalu banyak konsumsi makanan tinggi gula, ya.

Makanan tinggi garam

Konsumsi garam sebaiknya enggak lebih dari 2000 mg setiap harinya. Batas asupan ini direkomendasikan untuk menjaga kesehatan organ ginjal.

Asupan garam yang berlebihan bisa menyebabkan tekanan darah tinggi. Ini berdampak langsung terhadap kinerja ginjal dan bisa menimbulkan kerusakan permanen.

Nah, itulah beberapa makanan yang bisa menyebabkan penyakit ginjal. Hati-hati, ya!

Artikel Pilihan