Menu

Woww... Ajaib! Banyak yang Gak Tahu, Manfaat Asam Jawa Ampuh Bikin Kolesterol dan Asam Urat Rontok, Begini Cara Mengonsumsinya Moms!

06 Desember 2022 11:39 WIB

Buah asam jawa (Freepik.com/jcomp)

HerStory, Jakarta —

Moms pasti gak asing dengan asam jawa, kan? Salah satu bahan alami ini, selain digunakan sebagai bahan makanan, ternyata asam jawa juga memiliki manfaat untuk kesehatan, lho Moms.

Menurut Dokter Zaidul Akbar, asam jawa bisa digunakan untuk mengatasi asam urat dan kolesterol. Seperti diketahui, penyakit asam urat dan kolesterol sangat mengganggu penderitanya tersiksa bahkan sampai tidak bisa beraktivitas saat kambuh.

"Asam urat dan kolesterol jelas harus di atasi hingga sembuh. Salah satu bahan alami yang bisa mengatasi asam urat dan kolesterol. Salah satunya Asam Jawa," kata dr. Zaidul Akbar, dikutip dari kanal YouTube Bisikan.com, Selasa (6/12/2022).

Dr. Zaidul Akbar pun membagikan resep obat herbal untuk mengatasi asam urat dan kolesterol.

"Obat herbal yang satu ini memiliki kandungan antioksidan yang sangat tinggi dan bermanfaat untuk tubuh. Itu tinggi sekali kekuatan antioksidannya," jelas dr. Zaidul Akbar.

"Bisa buat obat kolesterol, nggak? Bisa. Bisa buat obat asam urat, bisa nggak? Bisa. Tapi bukan (hanya) itu saja," sambungnya.

Ramuan herbal ini, tidak hanya bisa mengatasi asam urat dan kolesterol, karena Asam Jawa juga bisa mengatasi keluhan-keluhan lain di tubuh manusia.

"Ketika Anda minum beginian (Asam Jawa), itu sebenarnya bukan cuma dapat manfaat asam urat turun, kolesterol turun, bukan!" ungkap dr. Zaidul Akbar.

Pasalnya, obat herbal dengan bahan asam jawa yang dicampur tiga bahan lain ini juga memiliki manfaat sebagai penyeimbang tubuh. Praktisi kesehatan ini menyebutkan, bahwa ada empat bahan untuk membuat ramuan herbal untuk mengatasi kolesterol dan asam urat.

"Kunyit, sama jeruk nipis, sama madu, sama asam jawa," ungkap dr. Zaidul Akbar.

Caranya menurut dr. Zaidul Akbar, kunyit dipotong tipis-tipis, lalu masukkan ke dalam satu gelas, lalu tunggu beberapa jam. Kemudian, tambahkan jeruk nipis, madu, dan asam jawa ke dalam air kunyit. Setelah itu baru diminum.

Lihat Sumber Artikel di GenPI

Disclaimer: Artikel ini merupakan kerja sama HerStory dengan GenPI. Hal yang terkait dengan tulisan, foto, grafis, video, dan keseluruhan isi artikel yang tayang di website ini menjadi tanggung jawab HerStory.

Share Artikel:

Oleh: Sri Handari