Menu

Apakah Ibu yang Terinfeksi COVID-19 Masih Boleh Menyusui Anaknya?

25 November 2020 16:45 WIB

Ilustrasi seorang ibu sedang menyusui anaknya. (pinterest/freepik)

HerStory, Jakarta —

Infeksi virus corona bisa menyerang siapa saja tanpa terkecuali. Salah satunya dapat menginfeksi ibu menyusui. Dalam kasus ini, masih banyak yang bertanya-tanya apakah ibu menyusui masih boleh memberikan ASI kepada anaknya saat terinfeksi COVID-19?

Dr. Frieda Handayani, SpA(K) pun menjelaskan bahwa infeksi COVID-19 tak menjadi penghalang sang ibu untuk menyusui anaknya. Namun, ada hal-hal yang perlu diperhatikan sebelum memberikan ASI kepada si kecil.

"Sampai saat ini dari Ikatan Dokter Anak Indonesia (IDAI) maupun dari WHO juga mengizinkan ibu yang mengalami infeksi covid-19 untuk memberikan ASI kepada bayinya," ujar Dr. Frieda dalam Webinar Kalbe Farma - Mitos dan Fakta Bakteri Baik Saluran Cerna, Rabu (25/11/2020).

"Tentunya dengan tetap mengikuti protokol-protokal kesehatan, terutama mencuci tangan dan menggunakan masker saat menyusui bayi," lanjut Dr. Frieda.

Dr. Frieda juga mengatakan bahwa dalam berbagai penelitian diketahui jumlah virus corona dalam ASI sangatlah kecil. Itu artinya ASI tak membuat bayi menjadi terinfeksi covid-19.

"Demikian pula dikatakan dalam penelitian yang sampai saat ini dilakukan, virus dari SARS-CoV-2 atau penyebab covid-19 diterumukan dalam jumlah yang sangat kecil. Tampaknya tidak bisa menginfeksi bayi," imbuh Dr. Frieda.

"Jadi ibu yang mengalami infeksi covid-19 masih tetap boleh menyusui bayinya dengan memakai masker dan menjaga protokol kesehatan," tutupnya.

Artikel Pilihan