Menu

Tips Parenting: Ini 5 Pertanyaan Penting untuk Ditanyakan pada Si Kecil Sebelum Tahun 2022 Berakhir, Catat Moms!

13 Desember 2022 10:30 WIB

Illustrasi mendidik anak perempuan

HerStory, Bogor —

Moms, tahun 2022 dalam hitungan lagi akan segera berakhir, dan kita pasti memiliki banyak hal untuk disyukuri. Banyak kenangan untuk dikenang, begitu banyak untuk dibawa ke depan dan untuk disyukuri.

Terkait hal itu, bagaimana jika kamu meluangkan waktu dari jadwal sibukmu dan bertanya kepada anak-anakmu tentang perasaan mereka tentang akhir tahun dan apa yang mereka sukai untuk tahun 2023 mendatang, Moms.

Untuk membantumu melakukannya, berikut 5 pertanyaan yang dapat kamu tanyakan kepada si kecil sebelum kita semua mengucapkan selamat tinggal pada tahun 2022. Yuk simak, Moms!

'Apa hal terbaik dan terburuk yang terjadi padamu tahun ini?'

Ini adalah cara yang sangat baik untuk memulai percakapan. Tanyakan kepada mereka tentang apa yang mereka sukai dan tidak sukai tahun ini. 

Bantu mereka merenungkan banyak hal yang terjadi dalam hidup mereka dan meninjau kembali saat-saat terbaik dan terburuk, yang dapat membantu mereka menyadari apa yang mereka sukai dan kesalahan apa yang harus mereka hindari.

'Apa pembelajaran terbesarmu?'

Mengajukan pertanyaan ini membantu si kecil menyadari pencapaian mereka, kesalahan yang mereka buat dan/atau pelajaran yang mereka pelajari dari kesalahan tersebut.

Hal itu pun bisa mengingatkan mereka tentang apa yang dapat mereka lakukan dengan lebih baik, seberapa mampu mereka dan membantu mereka menyadari potensi mereka yang sebenarnya.

'Satu kesalahan yang tak akan pernah kamu ulangi di masa depan'

Penting untuk menanyakan pertanyaan ini kepada anak juga, Moms. Bukan karena kamu ingin membuat mereka merasa bersalah atau malu atas kesalahan yang mereka lakukan, tetapi karena kamu ingin mengajari mereka tanggung jawab. 

Ya, kamu ingin memberi mereka kesempatan untuk menyadari kesalahan mereka dan tak melakukannya lagi.

'Apa hal tersulit yang kamu lakukan tahun ini?'

Sebagai orang tua, kamu harus berusaha sebaik mungkin untuk meningkatkan kepercayaan diri dan harga diri si kecil, Moms. 

Pastikan kamu membantu si kecil menyadari potensi mereka sendiri. Dengan bertanya kepada mereka tentang hal tersulit dan tersulit yang mereka capai, kamu membantu mereka belajar seberapa mampu mereka mengatasi ketakutan mereka sendiri.

'Apa yang akan kamu lakukan secara berbeda di tahun depan?'

Sebelum tahun berakhir, bantu si kecil membuat rencana ke depan, Moms. Pertanyaan ini bisa membuat mereka memulai. 

Selain membantu mereka memutuskan apa yang ingin mereka capai tahun depan, mereka juga akan memiliki gagasan tentang apa yang ingin mereka lakukan secara berbeda.

Setiap pertanyaan yang kamu ajukan harus membantu si kecil merenungkan kembali tahun ini dan membuat rencana untuk tahun depan.

Semoga bermanfaat, ya Moms!

Artikel Pilihan