Menu

Miss V Sering Gatal Hingga Ganggu Aktivitas Harianmu Moms? Bisa Jadi Disebabkan 2 Hal Ini, Terakhir Sering Disepelekan Wanita

14 Desember 2022 18:00 WIB

Ilustrasi kesehatan organ intim wanita. (pinterest/freepik)

HerStory, Jakarta —

Area kewanitaan harus tetap dijaga kebersihannya agar terhindar berbagai masalah kesehatan, seperti infeksi, gatal, dan berjamur. Ketiga kondisi tersebut sangat mengganggu aktivitas jika sedang kambuh.

Melansir Genpi, Rabu (14/12/2022), Dokter holistik Grace Hananta mengungkapkan, bahwa rasa gatal pada area kewanitaan bisa disebabkan oleh mereka yang kurang bersih menjaga area tersebut. Tak hanya itu, beberapa bahan pakaian juga bisa menyebabkan rasa gatal semakin parah.

"Rasa gatal area kewanitaan sangat umum terjadi, tapi ada perbedaan besar antara sedikit rasa gatal dan bangun sepanjang malam dengan memikirkan bahwa kamu tidak tahan dengan hal ini," kata Dokter Grace.

Menurutnya, ada beberapa hal yang dapat menyebabkan area kewanitaan menjadi gatal yang pertama, antara lain:

1. Penggunaan sabun yang gak cocok

Moms, area kewanitaan adalah area yang sensitif. Oleh karena itu, kamu tidak bisa sembarangan sabun digunakan untuk membersihkan area tersebut, terutama yang memiliki wewangian.

Grace menjelaskan, hal tersebut justru akan membuat area kewanitaan terasa sangat gatal karena mengandung berbagai bahan kimia.

2. Pakai pembalut yang wangi

Penggunaan pembalut mengandung wangi-wangian juga bisa menjadi penyebab rasa gatal berlebih pada area kewanitaan.

"Tidak semua wanita cocok dengan berbagai jenis pembalut yang ada. Pembalut juga bisa menjadi salah satu yang dapat membuat area kewanitaan gatal, khususnya pembalut yang memiliki wewangian," kata Dokter Grace.

Dia memaparkan, menang wangi pada pembalut tersebut di desain untuk menetralisir bau amis dari darah saat menstruasi. Namun, lebih baik saat kamu sudah merasa gatal dan tidak nyaman.

Oleh karenanya, wanita disarankan untuk menganggi pembalut kamu dengan yang biasa agar tidak terjadi infeksi karena gatal.