Menu

Ahli Ungkap Cara Efektif Turunkan Kolesterol, Termasuk LDL yang Bisa Menyumbat Arteri, Catat Beauty!

15 Desember 2022 06:15 WIB

Ilustrasi kolesterol dalam tubuh. (National Institue on Aging/Edited by herstory)

HerStory, Bogor —

Beauty, kolesterol adalah zat lilin yang dibutuhkan dan diproduksi tubuh kita, namun ketika kita memilikinya terlalu banyak, itu menjadi masalah kesehatan yang serius. 

"Kolesterol adalah sesuatu yang kita semua butuhkan agar tubuh kita berfungsi dan merupakan susunan dasar sel kita,” kata Dr. Ilan Shapiro, FACHE, Kepala Koresponden Kesehatan dan Petugas Urusan Medis di Layanan Kesehatan AltaMed di Los Angeles, dikutip dari laman Eat This, Kamis (15/12/2022).

Dan berikut adalah beberapa hal yang perlu diketahui tentang kolesterol, tanda bahaya yang dikirimkan tubuh, dan cara menurunkan level kolesterol, Beauty. Apa saja?

Tak Semua Kolesterol Itu Buruk

Jose Mayorga, direktur eksekutif UCI Health Family Health Centers menjelaskan, penting untuk diketahui bahwa tak semua kolesterol itu jahat. Faktanya, kolesterol sangat penting bagi sel-sel tubuh kita dan memberi kita organisasi. 

Selain itu, kolesterol membantu kita menghasilkan hormon yang diperlukan. Sebagian besar, dokter cenderung memberi tahu pasien tentang dua jenis lipoprotein yang membawa kolesterol ke seluruh tubuh. tubuh.

Ini adalah lipoprotein densitas rendah (LDL), kadang-kadang disebut kolesterol 'buruk' dan lipoprotein densitas tinggi (HDL), atau kolesterol 'sehat'. 

Faktor Risiko Kolesterol Tinggi

Gabriela Rodríguez Ruiz, MD PhD FACS, seorang ahli bedah bariatrik bersertifikat di VIDA Wellness and Beauty mengingatkan, siapa pun dapat berisiko terkena kolesterol tinggi, terutama mereka yang memiliki riwayat keluarga penyakit jantung atau stroke. L

ainnya faktor yang meningkatkan risiko termasuk merokok, kurang aktivitas fisik, pola makan tak sehat rendah serat dan tinggi lemak jenuh, kelebihan berat badan atau obesitas, dan menderita diabetes.

Dr. Shapiro menyatakan, kolesterol dapat mensintesis di hati dan menciptakan lebih banyak kolesterol, menyebabkan lebih banyak penyumbatan atau masalah kesehatan.

Kecenderungan genetik juga dapat menyebabkan angka kolesterol tinggi. Karenanya, melakukan skrining untuk kolesterol tinggi penting jika ada masalah kesehatan dalam keluarga.

Kunjungan Dokter Rutin Itu Penting

Dr. Mayorga menekankan, secara umum, kolesterol tinggi tak menimbulkan gejala apa pun. Banyak orang dapat menjalani bertahun-tahun tanpa mengetahui bahwa mereka mengidapnya yang dapat menyebabkan kerusakan permanen pada tubuh.

Inilah mengapa penting untuk memiliki dokter perawatan primer yang dapat mengontrol kolesterol secara berkala, meresepkan obat dan memberikan panduan untuk hidup sehat. 

Kolesterol Tinggi Berbahaya Jika Tak Diobati

Eric Berg, seorang chiropractor yang berspesialisasi dalam penurunan berat badan melalui nutrisi dan metode alami dan penulis beberapa buku mengatakan, kolesterol tinggi menimbulkan bahaya. 

Kolesterol tinggi memainkan peran utama dalam perkembangan aterosklerosis, atau pengerasan dan penyempitan pembuluh darah, yang pada gilirannya meningkatkan risiko serangan jantung dan stroke.

Bila kolesterol meningkat, bisa jadi tubuh mengalami kesulitan memproses kelebihan kolesterol karena kerusakan hati.Perlemakan hati, jaringan parut, peradangan, dan endotoksin semuanya dapat menyebabkan hati.

Dr. Rodriguez juga menjelaskan, jika tidak dikontrol, kolesterol tinggi dapat menyebabkan penumpukan plak di arteri. Ini dapat membatasi aliran darah dan meningkatkan risiko stroke, serangan jantung, atau masalah kardiovaskular lainnya.  Kolesterol tinggi juga dapat merusak dinding arteri dan menyebabkannya menjadi lemah dan mudah pecah. 

Cara Efektif Menurunkan Kolesterol

dr. Mayorga menyatakan, beberapa hal yang dapat dilakukan pasien untuk menurunkan kadar kolesterol mereka adalah makan lebih sehat.

Makan makanan dengan banyak serat, seperti oatmeal dan kacang-kacangan; dan lemak tak jenuh yang sehat, seperti alpukat, minyak zaitun, dan kacang-kacangan. Diet Mediterania juga bagus untuk diikuti. 

Selain itu, olahraga. Berolahraga membantu membakar kalori yang dapat membantu mengurangi lemak dan selanjutnya kolesterol.

Selain itu, dokter juga dapat merekomendasikan obat-obatan, seperti statin, jika modifikasi gaya hidup saja tak cukup untuk mengelola kolesterol.

Mengikuti rencana komprehensif yang mencakup perubahan gaya hidup dan perawatan medis, jika dianggap perlu, dapat membantumu menjaga kadar kolesterol dalam kisaran yang sehat, Beauty.