Menu

Ternyata... Membiarkan Anak Menangis Ada Manfaatnya Lho, Moms Sudah Tahu?

27 November 2020 07:10 WIB

Ilustrasi anak menangis (Toronto Star/Edited by HerStory)

HerStory, Jakarta —

Moms, mungkin tak sedikit di antara kamu yang enggak tega saat melihat si kecil menangis. Makanya enggak heran, banyak hal yang kamu lakukan untuk membantu membuatnya menjadi lebih tenang. Tapi, tahu enggak sih moms, rupanya membiarkan si kecil menangis itu ada manfaatnya lho.

Menangis merupakan salah satu cara mengekspresikan diri dalam meluapkan berbagai emosi, entah positif maupun negatif. Melarang si kecil menangis, hanya akan membuatnya merasa tertekan dan cenderung memendam perasaannya sendiri.

Berikut ini HerStory rangkum dari berbagai sumber, Jumat (27/11/2020), manfaat membiarkan si kecil menangis yang perlu Moms tahu.

Melepaskan stres

Moms, tahu enggak sih, membiarkan si kecil menangis akan membantu dirinya dalam melepaskan tekanan emosi dan perasaan negatif. Mungkin kamu enggak menyadari, dalam tangisan si kecil, ia tengah berusaha melepas stres pada dirinya.

Anak yang jarang menangis, berarti enggak pernah mengeluarkan emosi dan terlalu memendam perasaan negatifnya sendiri. Hal ini enggak baik lho untuk kesehatan mental dan fisiknya.

Mengurangi rasa sakit

Sebuah penelitian menemukan, menangis dapat melepaskan hormon oksitosin dan endorfin. Yang mana, hormon ini akan membuat si kecil mengurangi rasa sakit yang dirasakan pada fisik dan emosionalnya.

Moms, kalau kamu melihat si kecil menangis karena jatuh dari sepeda dan membuat merasa lebih baik dengan menangis, jangan minta ia berhenti menangis ya.

Membantu mengeluarkan racun di dalam tubuh

Air mata yang mengalir saat si kecil menangis, dapat membersihkan debu dan kotoran dari matanya. Selain itu, saat menangis, tetesan air mata juga mengeluarkan racun di dalam tubuh yang menumpuk karena stres.

Keluarnya racun di dalam tubuh ini membantu mengurangi kadar kortisol di dalam tubuh si kecil. Sehingga, suasana hatinya jauh lebih tenang.

Meningkatkan sistem imun tubuh si kecil

Membiarkan si kecil menangis sama dengan membantunya meningkatkan sistem imun tubuh. Kekebalan tubuh si kecil akan meningkat ketika ia mampu mengeluarkan semua emosi yang dirasakan. Menangis sangat sehat untuk otak dan juga mental anak.

Nah Moms, itu dia empat manfaat membiarkan anak menangis yang baik untuk kesehatannya. Semoga bermanfaat ya!