Menu

7 Jenis Fobia Unik Ini Bisa Dialami Anak-Anak, Moms Sudah Tahu?

30 November 2020 07:05 WIB

Ilustrasi seorang anak yang sedang mengintip. (Pinterest/helpguide.org)

HerStory, Jakarta —

Enggak cuma orang dewasa, anak-anak juga bisa mengalami fobia lho, Moms. Fobia merupakan istilah untuk gangguan kecemasan akibat rasa takut yang berlebihan terhadap suatu hal. Kondisi ini bisa membuat penderita depresi, panik, hingga membatasinya dalam berkegiatan. 

Banyak faktor yang menjadi pemicu seseorang memiliki fobia. Mulai dari faktor biologis atau yang sering disebut neurotransmiter, faktor keluarga yang sudah menjadi turun-temurun, hingga faktor lingkungan di mana penderita memiliki pengalaman traumatis.

Moms, mungkin kamu sudah sering mendengar seseorang dengan fobia ketinggian, fobia terhadap serangga, dan lain sebagainya. Tapi, pernah enggak sih mendengar seseorang yang fobia akan coklat, sayur, hadiah, atau bahkan boneka?

Jenis fobia yang terbilang unik tersebut rupanya sering dialami anak-anak lho Moms. Berikut ini HerStory rangkum beberapa jenis fobia unik yang bisa dialami anak-anak, seperti yang dirangkum dari berbagai sumber, Senin (30/11/2020).

Globophobia - Fobia Balon

Moms, kalau biasanya saat pergi ke pesta ulang tahun, balon dengan warna-wani yang lucu akan menjadi sasaran anak untuk dimainkan, bukan? Tapi, hal ini enggak berlaku bagi anak dengan pengidap globophobia alias fobia balon. 

Penderita globophobia ini rasanya takut setengah mati saat melihat balon. Bahkan, saking takutnya, ia enggan menyentuh atau bahkan mendekati balon karena takut meledak.

Doronophobia - Fobia Hadiah

Anak-anak begitu suka bila diberi hadiah, bahkan mereka enggak segan untuk meminta hadiah yang diinginkan. Tapi, bagi anak penderita doronophobia, ia begitu cemas saat menerima hadiah. Ia merasa takut saat membuka hadiah, karena merasa apa yang ada di dalamnya adalah benda berbahaya.

Pediphobia - Fobia Boneka

Boneka sering menjadi mainan favoritnya anak-anak, terutama anak perempuan. Beragam boneka, mulai dari jenis dan ukuran, tentu dimilikinya dan kerap dijadikan 'teman'. Tapi Moms, rupanya ada lho anak yang begitu takut dengan boneka.

Kondisi ini disebut dengan pediphobia. Saat melihat boneka, manekin, atau sejenisnya, mereka bisa sangat takut dan bahkan menangis histeris.

Lachanophobia - Fobia Sayuran

Kalau jenis fobia yang satu ini, digambarkan dengan anak-anak yang takut dengan sayuran. Lachanophobia biasanya muncul kalau seorang anak dipaksa untuk makan sayuran, padahal ia enggak menyukainya sama sekali. 

Moms, sayuran itu penting untuk dikonsumsi karena mengandung aneka nutrisi yang bermanfaat untuk tumbuh kembang si kecil. Tapi, kalau terlalu memaksanya hingga membuatnya merasa ketakutan, bukankah itu buruk untuk psikisnya? 

Xocolatophobia - Fobia Coklat

Anak-anak biasanya begitu menyukai makanan manis, dan coklat menjadi makanan favorit mereka. Tapi, bagi anak penderita xocolatophobia, melihat warna coklat yang gelap saja mereka merasa ketakutan.

Meski mengonsumsi coklat kerap membuat gigi anak berlubang, tapi jenis makanan manis yang satu ini memiliki manfaat bagi tubuh lho. Seperti mencegah tekanan darah, hingga membuat perasaan bahagia.

Ablutophobia - Fobia mandi

Moms, si kecil suka susah kalau disuruh mandi? Atau bahkan kerap menangis ketika harus mandi? Jangan-jangan, dia terkena ablutophobia nihMoms!

Ablutophobia merupakan ketakutan yang terus-menerus dan enggak bisa dikendalikan atas aktivitas mandi, mencuci muka, atau membersihkan tubuh. Fobia spesifik situasional ini, enggak cuma dialami anak-anak, tapi juga bisa dialami wanita.

Duh.. repot ya Moms, kalau si kecil menderita fobia ini. Kamu tentu butuh ekstra sabar untuk merayunya agar mau dan terbiasa mandi agar tubuhnya terbebas dari kuman yang menempel.

Agoraphobia - Fobia tempat ramai

Fobia unik terakhir yang bisa dialami anak-anak ialah agoraphobia. Jenis fobia yang satu ini digambarkan pada anak yang takut terhadap keramaian di tempat umum.

Anak yang menderita fobia ini biasanya akan mengalami serangan panik. Bentuk serangan paniknya juga beragam, mulai dari menangis, berteriak, sesak napas, pusing, jantung berdebar, hingga tubuh gemetar.

Meski terbilang unik, jenis fobia yang satu ini bisa membahayakan si kecil lho Moms dan kamu perlu waspada akan hal itu. Kalau jenis fobia tersebut sangat menggangu kesehariannya, segera tanyakan ke dokter ahli untuk penanganan lebih lanjut.

Semoga bermanfaat!