Menu

Update Covid-19 Terbaru: Ahli Ungkap Long Covid Dapat Menyebabkan Kekakuan Hati, Ini Sederet Gejalanya, Waspada Ya Beauty!

26 Desember 2022 12:05 WIB

Ilustrasi Fatty Liver (Freepik.com/EditedByHerstory)

HerStory, Bogor —

Beauty, menurut data awal Covid-19, orang sehat yang terinfeksi menunjukkan tes fungsi hati yang tak normal, menunjukkan potensi hubungan langsung antara keduanya. Infeksi virus sel hati pada orang dengan infeksi virus corona mungkin menjadi penyebab langsung kerusakan hati.

Dan, studi terbaru menunjukkan bahwa infeksi Covid-19 yang berkepanjangan dapat menyebabkan pengerasan hati yang disebabkan oleh peradangan yang disebabkan oleh sitokin yang dilepaskan selama infeksi atau peningkatan kadar endotoksin. 

Tingkat endotoksin yang tinggi dapat menyebabkan fibrosis dan meningkatkan kemungkinan masalah tambahan seperti hipertensi portal dan sirosis.

Joydeep Ghosh, Ahli Penyakit Dalam dan Konsultan Rumah Sakit Fortis, Anandapur, Kolkata, mengatakan, virus Covid-19 memiliki afinitas khusus terhadap kolangiosit, yaitu sel yang melapisi saluran empedu di dalam dan di luar hati.

“Selain itu, hati, yang merupakan organ kekebalan tubuh terbesar, menjadi sasaran kompleks antigen-antibodi setelah infeksi Covid-19. Akibatnya, Covid-19 cenderung memengaruhi hati pada lebih dari separuh kasus,” tutur Ghosh, dikutip dari Times of India, Senin (26/12/2022).

Apa gejala kerusakan hati lainnya?

Dalam kebanyakan kasus, penyakit hati ini tak menunjukkan gejala dan didiagnosis dengan peningkatan transien enzim hati seperti GOT dan SGPT. 

Namun, terkadang kerusakan hati bisa lebih parah, menyebabkan hepatitis akut dan bermanifestasi sebagai penyakit kuning. 

Orang dengan penyakit hati yang sudah ada sebelumnya, terutama sirosis, berisiko mengalami penyakit hati yang memburuk akibat infeksi.

Long covid dapat meningkatkan kemungkinan kekakuan hati

Selain itu, gejala jangka panjang yang terkait kekakuan hati oni termasuk kelelahan dan malaise, yang dapat memperburuk kondisi yang mendasarinya dan memperburuk kasus kerusakan hati dan fibrosis yang parah.

Ada juga bukti bahwa kekakuan organ dapat meningkat dari waktu ke waktu.

Kesimpulannya, Beauty, peningkatan enzim hati pada penyakit ini biasanya ringan dan sembuh dengan sendirinya.

Apakah timbulnya fungsi hati yang menyimpang terjadi saat diagnosis atau selama pengobatan harus dibedakan melalui pemeriksaan medis yang tepat waktu.