Menu

Termasuk Gejalanya yang Beraneka Ragam dan ‘Mematikan’, Ketahui 5 Hal Penting Terkait Penyakit Kanker Ini Beauty

28 Desember 2022 08:15 WIB

Solidaritas peduli kanker payudara. (Pinterest/Freepik)

HerStory, Bogor —

Beauty, menurut Pusat Pengendalian dan Pencegahan Penyakit (CDC) AS, kanker adalah penyebab kematian kedua, setelah penyakit jantung di Amerika Serikat pada tahun 2020. Setidaknya ada 602.350 kematian akibat kanker; 284.619 di antara wanita dan 317.731 di antara pria.

Sementara sebagian besar kanker sangat dapat diobati, sejumlah kecil kasus dianggap tak dapat diobati. Karenanya, jika kamu telah didiagnosis menderita kanker, kamu harus menyadari tanda-tanda yang menunjukkan bahwa kanker tak dapat diobati. 

Dan dikutip dari Eat This, Rabu (28/12/2022), berikut adalah 5 hal penting yang harus diperhatikan terkait kanker, Beauty. Yuk, simak!

Gejala Beraneka Ragam

Kanker adalah penyakit yang dapat menyebabkan berbagai macam gejala, tergantung di mana ia berada di dalam tubuh. Pada tahap awal, kanker mungkin tak menimbulkan gejala sama sekali. Namun, seiring berkembangnya penyakit, dapat mempengaruhi fungsi organ dan menimbulkan berbagai gejala.

Misalnya, ketika kanker telah menyebar ke beberapa organ, ini bisa menjadi tanda bahwa kondisi tersebut tidak lagi merespon pengobatan. Pada banyak kasus, pasien dengan kanker stadium lanjut akan mengalami kelelahan, nyeri, penurunan berat badan, dan gejala signifikan lainnya. 

Kanker Tahan terhadap Berbagai Jenis Perawatan

Salah satu hal yang paling membuat frustrasi tentang kanker adalah kanker seringkali menolak pengobatan. Dalam beberapa kasus, ini mungkin menunjukkan bahwa kanker tak dapat diobati. 

Namun, ada beberapa kemungkinan penjelasan mengapa resistensi ini terjadi. Pertama, kanker dapat mengembangkan mutasi yang membuat mereka kebal terhadap obat tertentu. Kedua, kanker dapat menghasilkan protein yang memompa obat keluar dari sel sebelum dapat memengaruhinya. 

Terakhir, kanker dapat menciptakan penghalang yang mencegah obat mencapai sel tumor. Terlepas dari penyebabnya, resistensi kanker adalah masalah berat yang perlu ditangani.

Kanker Berkembang Pesat

Menurut dokter, semakin cepat pertumbuhan tumor, semakin besar kemungkinan kanker telah bermetastasis atau menyebar ke bagian lain dari tubuh. Dalam hal ini, kanker lebih sulit diobati dan mungkin tidak dapat diobati. 

Jika kamu menyadari kanker dalam tubuhmu tumbuh dengan cepat, penting untuk berkonsultasi dengan dokter  sehingga mereka dapat menentukan pengobatan yang terbaik.

Pasien Akan Mengalami Efek Samping Parah dari Pengobatan

Dalam beberapa kasus, memulai pengobatan adalah pilihan terbaik, bahkan jika efek sampingnya parah. Ini sering terjadi ketika penyakitnya mengancam jiwa atau ketika pengobatan menawarkan kesempatan terbaik untuk sembuh. 

Namun, dalam kasus lain, efek samping pengobatan mungkin sangat parah sehingga lebih besar daripada potensi manfaatnya. Dalam situasi ini, pasien dan keluarganya harus mempertimbangkan risiko dan manfaat pengobatan sebelum mengambil keputusan. Oleh karenanya, itu adalah keputusan yang kompleks dan pribadi yang harus dibuat dengan hati-hati dan bijaksana.

Hilangnya Fungsi Tubuh

Salah satu tanda potensial bahwa kanker kebal terhadap pengobatan adalah hilangnya fungsi tubuh. Ini dapat terwujud dalam banyak cara, mulai dari tak dapat melakukan tugas-tugas dasar seperti bangun dari tempat tidur atau menyikat gigi hingga terbaring di tempat tidur sepenuhnya. 

Dalam beberapa kasus, hilangnya fungsi ini mungkin bersifat sementara, dan individu pada akhirnya dapat memperoleh kembali kekuatannya. Namun, dalam kasus lain, mungkin lebih permanen. 

Artikel Pilihan