Menu

Yakin Masih Mau Begadang? 4 Bahaya Mengancam Jika Punya Jam Tidur yang Amburadul, Fatal Banget Lho!

30 Desember 2022 21:00 WIB

Ilustrasi begadang (Shutterstock)

HerStory, Jakarta —

Tidur merupakan salah satu kebutuhan manusia yang berfungsi untuk memulihkan tenaga usai terkuras sepanjang hari. Namun, adapula orang yang menggunakan waktu tidur di malam hari untuk beraktivitas.

Hal ini gak baik bagi tubuh, lho, Beauty. Tubuh sudah memiliki jam operasional yang mana berfungsi untuk mengoptimalkan semua kerja organ. Malam hari merupakan waktu untuk beristirahat, namun jika kamu menggunakannya untuk tetap aktif beraktivitas apa yang akan terjadi?

Ini akan menimbulkan beberapa dampak yang berbahaya. Kali ini HerStory sudah merangkum beberapa dampak buruk jika keseringan begadang. Apa saja, ya? Yuk, simak selengkapnya dalam artikel berikut ini, Beauty!

1. Kelelahan

Saat tertidur memperbaiki metabolisme fisik dan mental sebab pada fase ini semua organ akan beristirahat. Jika waktu tidur berkurang, maka tubuh gak bisa beristirahat dan akan merasa lelah keesokan harinya.

Hal ini terjadi karena tubuh gagal memulihkan tenaga yang sudah terpakai. Akhirnya tubuh bekerja lebih ekstra di saat tenaganya sedang habis.

2. Sistem Imun Terganggu

Manusia perlu tidur untuk memproduksi sistem antibodi dalam tubuh. Ketika kurang tidur, tubuh gak bisa memproduksi sistem imun tersebut sehingga imunitas akan melemah saat diserang virus atau bakteri.

Dalam kasus yang lebih parah, kurang tidur dalam jangka panjang bisa meningkatkan risiko diabetes mellitus dan penyakit jantung. Oleh karena itu, sebaiknya jangan keseringan begadang, ya.

3. Kesehatan Mental

Dalam jangka panjang, kurang tidur bisa memengaruhi kesehatan mental, lho. Kurang tidur sehari saja kamu akan mulai merasa mudah marah, kan? Nah, dalam jangka panjang efek itu akan menjadi lebih parah. 

Mulai merasa gak sabaran hingga perubahan mood yang parah. Hingga yang paling parah kurang tidur dalam jangka panjang dapat memicu halusinasi, lho! Kondisi ini berisiko menyebabkan munculnya anxiety, depresi, paranoia, hingga keinginan untuk bunuh diri. 

4. Fungsi otak menurun

Selain itu, begadang juga memengaruhi fungsi dan kinerja otak. Kita jadi mudah lupa dan kemampuan berpikir menurun. Hal ini terjadi karena ketika tidur, otak seharusnya meregenerasi sel ingatan. 

Proses ini memindahkan ingatan dan memori ke penyimpanan memori jangka panjang. Saat kamu begadang, proses ini juga akan mengalami gangguan yang berisiko menyebabkan masalah pada memori.

Itu dia beberapa dampal terlalu sering bedagang, Beauty. Sebaiknya cukupi kebutuhan tidur minimal 8 jam per hari, ya.