Menu

Ngeri... Ini 4 Masalah Kesehatan yang Bisa Jadi Penyebab Sakit Perut Bagian Kanan, Please Jangan Disepelekan!

01 Januari 2023 19:10 WIB

Ilustrasi saki perut bagian kanan sebagai tanda dari usus buntu. (Pinterest/Freepik)

HerStory, Bogor —

Beauty, sakit dan nyeri adalah kesengsaraan umum dalam hidup kita. Meskipun sebagian besar tak ada yang serius tentang mengalami rasa sakit, namun rasa sakit yang tajam dan terlokalisir bisa mengkhawatirkan.

Terutama, rasa sakit di perut bagian kanan dapat menyebabkan beberapa kebingungan, mengingat itu bisa menjadi gejala dari beberapa masalah kesehatan. Dikutip dari Times of India, mari kita cari tahu tentang 4 kondisi tersebut, Beauty.

1. Refluks asam

Salah satu penyebab paling umum di balik rasa sakit di perut kanan adalah mulas, yang sering disebabkan oleh refluks asam. 

Menurut Mayo Clinic, refluks asam, juga dikenal sebagai gastroesophageal reflux (GERD), terjadi ketika asam lambung mengalir kembali ke saluran yang menghubungkan tenggorokan ke perut. Ini menyebabkan sensasi terbakar di dada atau tenggorokan.

2. Penyakit hati berlemak

Penyakit hati berlemak terjadi ketika ada penumpukan lemak berlebih di hati. Seseorang dengan penyakit hati berlemak tak mengalami gejala sampai penyakit tersebut mengarah ke sirosis hati, jika seseorang memiliki gejala, itu bisa termasuk sakit perut atau perasaan penuh di sisi kanan atas perut (perut), kata Cleveland Clinic.

3. Radang usus buntu

The Mayo Clinic mendefinisikan radang usus buntu sebagai radang usus buntu, kantong kecil yang menggantung dari usus besar di sisi kanan bawah perutmu, Beauty. Ini dapat menyebabkan rasa sakit yang biasanya dimulai di tengah perut dan menjalar ke sisi kanan bawah.

4. Jenis kanker tertentu

Menurut badan kesehatan terkemuka, jenis kanker tertentu juga bisa menyebabkan nyeri di perut bagian atas.

Menurut Johns Hopkins Medicine, gejala umum kanker pankreas adalah nyeri tumpul di perut bagian atas (perut) dan/atau punggung tengah atau atas yang datang dan pergi.

Dan menurut Layanan Kesehatan Nasional Inggris (NHS), nyeri di bagian atas perut juga bisa menjadi tanda kanker perut.

5. Penyebab lain nyeri di perut kanan

Kondisi kesehatan lain yang dapat menyebabkan sakit perut atau perut bagian kanan atas antara lain batu empedu, masalah kandung empedu, gangguan ginjal, dan batu ginjal.

Penyebab sakit perut yang tik terlalu parah termasuk sindrom iritasi usus, sembelit, alergi makanan, intoleransi laktosa, keracunan makanan, dan virus perut.

Tetap jaga kesehatanmu selalu, ya Beauty!

Artikel Pilihan