Menu

Nenek Raffi Ahmad Meninggal Dunia Akibat Penyakit Stroke, Ketahui Apa Saja Pemicu Penyakit Mematikan Ini Yuk Moms!

02 Januari 2023 21:50 WIB

Raffi Ahmad dan sang nenek (Instagram/@raffinagita1717)

HerStory, Jakarta —

Nenek Raffi Ahmad, Mami Popon telah mebghembuskan napas terakhir pada Sabtu 31 Desember 2022, kemarin. Ibunda Amy Qanita itu dikabarkan mengidap berbagai komplikasi akibat stroke yang diidapnya selama tujuh bulan.

Sebelumnya, Mami Popon juga sempat menjalani cuci darah beberapa kali. Namun, kondisinya justru semakin menurun.

Seperti diketahui, stroke terjadi ketika ada sesuatu yang menghalangi suplai darah ke bagian otak atau pembuluh darah di otak pecah. Kondisi tersebut dapat terjadi secara tiba-tiba dan harus segera ditangani lantaran bisa fatal akibatnya jika telat penanganannya.

Melansir dari laman Hello Sehat, ada beberapa faktor yang meningkatkan seseorang mengidap stroke, antara lain:

1. Tingginya tekanan darah

Penyebab paling umum seseorang mengalami stroke adalah tingginya tekanan darah atau hipertensi. Seseorang harus waspada akan ancaman stroke jika dirinya memiliki tekanan darah lebih dari 140/90.

2. Kebiasaan merokok

Memiliki kebiasaan merokok juga bisa meningkatkan risiko terkena stroke, Moms. Ini karena nikotin yang terkandung bisa meningkatkan tekanan darah. Selain itu, asap rokok juga bisa menyebabkan lemak di arteri leher utama menumpuk, darah lebih kental, dan lebih rentan membeku.

3. Memiliki penyakit jantung

Penytakit jantung dan stroke memang memiliki hubungan yang cukup erat. Pasalnya seseorang yang memiliki penyakit jantung juga rentan mengidap stroke.Ini lantaran fungsi jantung yang sangat vital, yakni memompa ke seluruh tubuh.

4. Genetik

Seseorang yang memiliki riwayat keluarganya mengidap stroke juga berisiko lebih tinggi mengidap penyakit stroke. Untuk itu, biasakan diri dan keluarga untuk melakukan pemeriksaan kesehatan secara rutin, ya Moms.

5. Obesitas

Sudah bukan rahasia lagi jika memiliki kelebihan berat badan atau obesitas bisa mengidap berbagai penyakit serius, saah satunya stroke. Ini karena seseorang dengan berat badan berlebih bisa menyebabkan seseorang mengidap hipertensi, dimana jika tidak dikelola dengan baik maka bisa menyebabkan stroke.

6. Memiliki kolesterol tinggi

Kolesterol tinggi tang tak dikelola dengan baik juga bisa menyebabkan penyakit stroke Moms. Ini karean kolesterol dengan kadarnya yang terlalu tinggi akan membentuk lapisan pada dinding pembuluh darah.

Akibatnya, pemburuh darah tersebut menjadi sempit sehingga sel-sel darah pun menjadi sulit mengalir ke sluruh tubuh. Nah, jika aliran darah terhambat, risiko penyakit berbahaya seperti stroke pun akan meningkat.

7. Mengidap diabetes

Penyakit diabetes juga bisa menyebabakan penyakit stroke secara tidak langsung Moms. Ini akrean seseoang dengan diabets biasanya lebig rentan mengalami tekanan darah tinggi dan cenderung obesitas.

Itulah tujuh faktor risiko yang menyebabkan seseorang mengalami stroe. Untuk menghindarinya, miliki gaya hidup sehat dengan mengonsumsi makanan sehat dan rutin berolahraga ya Moms.

Artikel Pilihan