Menu

4 Alasan Berat Badan Naik Saat Haid, Kamu Pernah Mengalaminya?

05 Desember 2020 14:40 WIB

Ilustrasi wanita dengan berat badan berlebih. (pinterest/freepik)

HerStory, Bandung —

Pernahkah kamu memperhatikan berat badanmu selama masa haid? Ternyata dalam kondisi tertentu, sebagian wanita mengalami kenaikan berat badan selama masa haid. Kok bisa?

Ada beberapa faktor yang bisa menyebabkan berat badanmu naik saat haid. Dilansir dari berbagai sumber, berikut adalah 4 penyebab berat badan naik selama haid.

1. Perubahan Hormon

Tingkat hormon berfluktuasi sepanjang siklus haid. Faktor ini juga yang dapat menyebabkan berat badan naik saat haid. Ketika haid, tubuh wanita mengalami retensi air disebabkan oleh peningkatan hormon progesteron. Retensi air inilah yang bisa menyebabkan kembung dan bengkak, terutama di perut, lengan, dan kaki.

2. Food Craving

Pernahkah kamu ingin terus makan makanan asin dan manis saat masa haid? Nah, kondisi ini dinamakan food craving. Food craving juga bisa berperan dalam meningkatkan berat badanmu saat haid.

Sebaiknya, konsumsi makanan yang mengandung protein tinggi dan ambil cemilan yang menyehatkan, seperti yoghurt dan buah-buahan.

3. Masalah Pencernaan

Masalah pencernaan yang sering terjadi saat haid dapat membuat perut menjadi kembung. Hal ini disebabkan fluktuasi hormon yang dialami tubuh wanita. 

Permasalahan pencernaan lain seperti diare juga bisa jadi penyebab naiknya berat badanmu saat masa haid.

4. Kelebihan Kafein

Wanita yang minum kopi saat haid berpotensi mengalami perut kembung. Kelebihan kafein tidak hanya disebabkan oleh kopi. Minuman soda juga mengandung kafein dan pemanis buatan yang bisa membuat berat badanmu bertambah saat haid.