Menu

Waspada Banyak Penyakit Mulai Bermunculan Moms, Ini 5 Nutrisi Penting untuk Menjaga Daya Tahan Tubuh Selama Musim Hujan, Apa Saja?

03 Januari 2023 17:45 WIB

Ilustrasi suplemen (Freepik/drodotdean)

HerStory, Jakarta —

Beberapa wilayah di Indonesia kini tengah mengalami cuaca ekstrem. Situasi seperti ini bisa menyebabkan beberapa penyakit mulai bermunculan Moms. Jika kamu tidak menjaga daya tahan tubuh, maka akan lebih rentan terserang penyakit.

Selain rutin berolahraga dan memiliki istirahat yang cukup, kamu juga harus mencukupi kebutuhan nutrisi tubuh Moms. Sebab. dalam sebuah penelitian yang dilansir US National Library of Medicine, 80 persen sel imun ada di pencernaan.

Itu artinya, jika pencernaan sehat, tubuh dapat melawan bakteri dan virus berbahaya. Pastikan menu makanan yang disajikan bergizi dan bervariasi, sehingga kamu tidak bosan menyantapnya dan kebutuhan nutrisi harian tetap terpenuhi.

Berikut ini  beberapa nutrisi yang bisa jaga daya tahan tubuh selama musim hujan, antara lain:

1. Protein dan serat

Beberapa makanan yang mengandung tinggi protein dan serat antara lain telur, daging, buah naga dan alpukat. Kedua nutrisi ini memiliki peran penting dalam metabolisme tubuh.

Bagaimana tidak, protein terbukti mampu membantu tubuh membentuk antibodi yang kuat dalam melawan berbagai bakteri atau virus. Tak hanya itu, protein juga dapat membangun, memperkuat, serta memperbaiki jaringan tubuh yang rusak.

Sementara itu, serat dapat menjaga kesehatan sistem pencernaan dan merangsang pertumbuhan bakteri-bakteri baik yang nantinya akan meningkatkan sistem kekebalan tubuh.

2. Zat besi

Zat besi merupakan mineral yang dibutuhkan oleh tubuh dalam pembentukan sel darah merah, meningkatkan energi dan fokus, serta meningkatkan sistem kekebalan tubuh, Moms. Dilansir Medical News Today, asupan zat besi yang cukup dapat mendorong terbentuknya hemoglobin.

Zat ini yang akan membawa oksigen ke seluruh tubuh, sehingga tak hanya memelihara sistem kekebalan tubuh, tapi juga memperlancar proses pencernaan. Kamu bisa mengonsumsi daging merah, hati, atau kacang kedelai sebagai sumber makanan yang tinggi akan kandungan zat besi.

3. Probiotik

Dalam sebuah penelitian, probiotik disebutkan bisa membantu mencegah penyakit. Jika jumlah probiotik di usus mengalami penurunan, hal tersebut dapat memicu terjadinya ketidakseimbangan di usus (gut dysbiosis).

Kemudian kondisi tersebut mengakibatkan produksi sel imun tubuh oleh probiotik pun ikut menurun. Oleh karenanya, kamu bisa mengonsumsi makanan kaya probiotik untuk menjaga daya tahan tubuh selama pandemi.

Biasanya, probiotik terdapat pada kefir, yoghurt, tempe, hingga kimchi.

4. Vitamin C

Dilansir healthline, vitamin C dapat membantu produksi sel darah putih sekaligus mencegah sel darah putih mengalami kerusakan yang disebabkan radikal bebas. Sel darah putih inilah yang berperan sebagai antibodi dalam mencegah infeksi virus dan bakteri.

Lebih lanjut, mengonsumsi lebih banyak vitamin C dapat meningkatkan antioksidan dalam darah hingga 30 persen. Hal ini akan membantu mengurangi risiko peradangan yang menyebabkan datangnya penyakit kronis.

5. Zinc

Zinc merupakan salah satu mikronutrien yang sangat dibutuhkan sistem kekebalan tubuh. Lebih lanjut, dalam penelitian yang dilakukan Fakultas Kesehatan Masyarakat Universitas Airlangga menyebut kekurangan zinc dalam plasma darah dapat menghambat pembentukan sel T.

Hal tersebut bisa menurunkan imunitas humoral maupun seluler, sehingga tubuh cenderung lebih rentan terhadap berbagai patogen seperti bakteri dan virus penyebab penyakit.

Itulah lima nutrisi penting yang mampu membantumu meningkatkan daya tahan tubuh. Semoga informasi ini bermanfaat ya Moms!