Menu

Stop Begadang Beauty! Ini 5 Kebiasaan Buruk Lainnya yang Bisa Turunkan Sistem Kekebalan Tubuh, Sudah Tahu?

03 Januari 2023 22:45 WIB

Ilustrasi begadang (Shutterstock)

HerStory, Jakarta —

Moms, seperti yang telah diketahui, sistem kekebalan tubuh merupakan kemampuan tubuh dalam menangkal semua jenis kuman yang akan masuk ke dalam tubuh. Jika kita memiliki daya tahan tubuh yang baik, maka kita akan selalu sehat.

Sebaliknya, jika daya tahan tubuh kita lemah, maka kuman pun dengan mudah masuk ke tubuh kita dan menyebabkan berbagai penyakit. Berikut ini beberapa kebiasaan buruk yang bisa menurunkan sistem kekebalan tubuh, seperti dikutup dari laman Hello Sehat, Selasa (3/1/2023), antara lain:

1. Begadang

Begadang menjadi salah satu hal buruk yang bisa menurunkan sistem kekebalan tubuh Moms. Pasalnya, kebiasaan ini akan membuat seseorang kurang tidur sehingga sistem imun gagal dalam melindungimu dari pilek, batuk, dan penyakit lainnya.

2. Jarang bergerak

Kemudahan teknologi terkadang membuat kamu jarang berolahraga karena terlalu asyik dalam menggunakan smartphone, entah untuk bermain games, foto-foto, atau bermain media sosial.

Padahal, jika kamu tidak berolahraga secara teratur, kamu lebih mungkin untuk terserang pilek, batuk, atau penyakit lainnya.

3. Terlalu banyak garam dan gula, kurang makan buah dan sayur

The American Academy of Nutrition and Dietetics menekankan bahwa konsumsi makanan yang bergizi sangat penting untuk menjaga sistem kekebalan tubuh. Konsumsi makanan yang dapat mengganggu sistem kekebalan tubuh adalah makanan yang kaya akan lemak jenuh, termasuk konsumsi terlalu banyak garam dan gula.

4. Stres

Menurut National Cancer Institute, stres yang berkepanjangan dapat mempengaruhi sistem kekebalan tubuh. Stres dapat mendorong otak memproduksi hormon kortisol yang dapat mengganggu fungsi sel T dalam melawan infeksi.

5. Merokok

Kamu pasti sudah mengetahui bahwa rokok tidak baik untuk kesehatan, termasuk untuk sistem kekebalan tubuh. Kandungan nikotin yang ada di dalam rokok dapat meningkatkan produksi hormon kortisol dan mengurangi pembentukan antibodi sel B dan respon sel T dalam melawan infeksi tubuh.

Itulah lima kebiasaan buruk yang bisa menurunakn sistem kekebalan tubuh. Jika kamu masih sering melakukan kebiasaan tersebut, muali sekarang berhenti ya Moms.

Apalagi, di saat musim dingin seperti ini daya tahan tubuh sangat penting untuk menangkal berbagai penyakit yang menyerang tubuh.