Menu

Gula Darah Lagi Melonjak Tinggi? Jangan Lakuin 3 Hal ‘Konyol’ Ini Please, Bahaya Lho!

04 Januari 2023 14:55 WIB

Ilustrasi seorang wanita memeriksakan kadar gula darahnya. (Pinterest/LIVESTRONG.COM)

HerStory, Jakarta —

Gula darah adalah hal yang harus terus diperhatikan khususnya oleh penderita diabetes. Salah satu hal yang dapat menyebabkan lonjakan gula darah secara mendadak adalah makanan.

Oleh karena itu, penderita diabetes harus siaga dalam mengontrol pola makannya. Jangan sampai apa yang dikonsumsi malah merupakan makanan yang menjadi pantangan bagi penderita diabetes.

Nah, berikut ini ada beberapa makanan yang sebaiknya dihindari oleh penderita diabetes, Beauty. Jangan sampai mengonsumsinya apalagi saat kadar gula darah sedang tinggi ya.

1. Makanan manis

Makanan manis tentunya mengandung kadar gula yang tinggi. Makanan seperti kue, martabak, kukis, es krim, puding, camilan kemasan mengandung gula yang merupakan jenis karbohidrat yang paling mudah dicerna menjadi glukosa atau gula darah.

Oleh karena itu, makanan ini sangat berbahaya bagi penderita diabetes sebab akan menyebabkan kadar gula darah melonjak tiba-tiba. Apalagi makanan jenis ini dapat menyebabkan kenaikan berat badan sebab kalorinya sangat tinggi. Sebaiknya hindari, ya, Beauty!

2. Buah kering

Buah-buahan pada dasarnya merupakan makanna yang kaya vitamin dan serat. Namun, lain halnya dengan buah kering yang sudah melewati proses pengolahan, Beauty.

Buah kering merupakan salah satu camilan yang dilarang bagi penderita diabetes. Pasalnya pada saat proses pengeringan akan menghilangkan sebagian besar gizi, vitamin, dan mineral yang ada dalam buah. 

Selain itu, buah kering biasanya sudah ditambahi pemanis buatan yang menyebabkan makanan ini semakin gak baik bagi penderita diabetes. Oleh karena itu, sebaiknya hindari buah kering, ya, Beauty!

3. Minuman manis

Beauty, jangan konyol dengan mengonsumsi minuman manis saat gula darah kamu sedang melonjak, ya. Minuman manis seperti minuman kemasan biasanya sudah ditambahkan gula, baik yang alami maupun buatan.

Oleh karena itu, sebaiknya hindari minuman ini meski terkesan sehat, seperti susu kemasan. Jika sudah dalam bentuk kemasan tentunya minuman tersebut sudah ditambah zat pengawet dan pemanis lainnya.