Menu

Enggak Disangka-Sangka, Ternyata Ini Manfaat Luar Biasa Jalan Kaki untuk Ibu Hamil, Jangan Mager Lagi Ya!

08 Desember 2020 07:05 WIB

Ilustrasi ibu hamil yang berjalan kaki dengan suami (AptParenting/edited by HerStory)

HerStory, Jakarta —

Dear bumil, mungkin enggak sedikit di antara kamu yang kerap berjalan kaki, khususnya di pagi hari, selama kehamilan, bukan? Meski sering dianggap sebagai aktivitas harian yang sederhana, berjalan kaki menyimpan beragam manfaat bagi ibu hamil.

April Mellito, seorang bidan di Bozeman mengatakan, berjalan kaki merupakan cara terbaik untuk menjaga sirkulasi yang sehat. Enggak cuma itu, jalan kaki juga dapat membangun stamina dan kekuatan saat bayi tumbuh dan ibu memiliki lebih banyak beban untuk ditopang.

Berjalan kaki juga merupakan salah satu jenis olahraga yang paling aman dan mudah dilakukan oleh ibu hamil. Enggak cuma membantu ibu dalam menjaga kebugaran tubuhnya, berjalan kaki juga memiliki sejumlah manfaat lainnnya yang baik untuk perkembangan janin yang dikandungnya.

Menyadur dari laman pilatesbarredundalk.com, Selasa (8/12/2020), berikut beberapa manfaat luar biasa dari berjalan kaki bagi ibu hamil yang perlu diketahui.

Menjaga kenaikan berat badan dalam kisaran yang sehat

Bukan menjadi rahasia umum lagi, bila ibu hamil akan mengalami kenaikan berat badan yang cukup signifikan selama kehamilannya. Tapi perlu kamu tahu, berat badan yang bertambah terlalu banyak dapat meningkatkan risiko komplikasi bagi kamu dan bayi di dalam kandungan.

Untuk itu, penting bagi kamu mengonsumsi makanan yang sehat dan tetap aktif setiap hari dengan meluangkan waktu untuk berolahraga. Enggak perlu melakukan olahraga yang berat, berjalan kaki dapat membantumu membakar kalori dan menjaga berat badan.

Menurunkan risiko diabetes gestasional

Semua jenis diabetes berhubungan dengan insulin, yang mengatur jumlah glukosa dalam darah. Saat kamu hamil, plasenta menghasilkan hormon penghambat darah. Diabetes gestasional dapat terjadi jika tubuh ibu hamil enggak dapat memproduksi insulin ekstra yang cukup.

Aktivitas aerobik seperti berjalan kaki, dapat menurunkan glukosa dalam darah. Itu artinya, tubuh enggak perlu memproduksi insulin ekstra untuk mengaturnya. 

Makan makanan yang seimbang dan jalan kaki secara teratur, dapat membantu menjaga kadar gula darah dan berat badan ibu hamil serta bayi dalam kisaran yang sehat.

Menurunkan risiko makrosomia janin (bayi besar)

Bayi berbadan gempal alias gemuk memang menggemaskan. Bayi yag terlahir gemuk bisa disebabkan oleh beberapa hal. Salah satunya terjadi karena kamu memiliki kadar gula dara tinggi yang enggak dikelola dengan baik atau bertambahnya berat badan selama kehamilan. 

Jalan kaki secara teratur akan mebantumu mengelola kedua faktor tersebut dan mencapai berat badan bayi yang normal serta sehat.

Menghilangkan stres

Enggak sedikit ibu hamil yang kerap mengalami stres selama kehamilannya. Hal tersebut bisa dipicu lantaran perubahan hormon yang membuat suasana hatinya lebih mudah berubah pula.

Tapi, stres kronis bisa membahayakan ibu hamil dan bayi yang ada di dalam kandungannya. Hal tersebut bisa diatasi lewat berjalan kaki. Jalan kaki dapat melepaskan hormon endorfin, zat kimia penghilang stres yang membuat perasaan nyaman kembali. 

Hal tersebut akan meningkatkan suasana hatimu dan juga membuat pikiran menjadi tenang.

Nah ibu hamil, itu dia empat manfaat luar biasa dari berjalan kaki yang perlu kamu lakukan. Jadi, mulai sekarang jangan mager (malas gerak) lagi ya. Semoga bermanfaat!

Artikel Pilihan