Menu

Jangan Abai Please... Kenali 5 Gejala Depresi yang Mungkin Mengintaimu Beauty, Salah Satunya Bikin Gak Mood Buat Gerak!

10 Januari 2023 16:25 WIB

Wanita depresi (Unsplash/ Dev Asangbam)

HerStory, Jakarta —

Beauty, depresi merupakan gangguan kesehatan mental yang dapat terjadi kepada siapapun dan kapanpun. Gangguan ini akan menyebabkan masalah serius yang mana secara negatif memengaruhi pikiran, perasaan, dan perilaku seseorang.

Sayangnya, masih banyak yang abai akan gejala dari depresi, Beauty. Apalagi masalah mental ini terdiri dari beberapa tingkatan, mulai dari yang ringan, sedang, hingga berat.

Pada tingkat berat, penderita cenderung suka mengasingkan diri dan gak mau terlibat dalam lingkungan sosial. Inilah yang membuatnya kian terpuruk sebab gagal mendapatkan bantuan.

Nah, jika kamu mengalami gejala depresi, maka sebaiknya segera cari bantuan medis, ya, Beauty. Atau pada tahap awal, kamu bisa menceritakannya kepada keluarga atau teman agar mereka membantumu keluar dari masa terpuruk tersebut.

Lalu, apa saja gejala dari depresi? Yuk, simak informasi selengkapnya yang sudah HerStory rangkum berikut ini, Beauty!

1. Sering merasa cemas berlebih

Kecemasan merupakan sebuah emosi yang wajar untuk dirasakan. Namun, jika kamu mengalaminya pada tingkat yang parah, maka kemungkinan kamu sedang gak sehat secara mental, Beauty.

Orang yang menderita depresi cenderung suka mencemaskan segala hal gak gak bisa berhenti untuk berpikiran buruk. Saat cemas karena overthinking, penderita bahkan bisa merasakan gangguan fisik seperti pernapasan yang lebih cepat, detak jantung berdegup gak teratur, hingga sesak napas.

2. Malas untuk bergerak

Ketika sedih maka biasanya seseorang akan mencari cara untuk meningkatkan suasana hatinya. Namun, penderita depresi malah cenderung lebih menarik diri dan mengunci hati.

Ia bahkan malas untuk bergerak apalagi beraktivitas. Meski dulu ia senang melakukan suatu hobi, maka kini perasaan tersebut sudah tergantikan dengan rasa sedih yang dalam hingga enggan untuk melakukan apapun.

3. Sedih terus menerus

Kesedihan menjadi emosi yang dominan dirasakan oleh orang yang menderita depresi. Ia biasanya merasakan hal ini dalam jangka waktu yang lama hingga membuatnya merasa sangat putus asa.

Pada tahapan ini, penderita sangat rapuh dan mudah tersinggung akan hal kecil. Ia akan merasa berada dalam lubang yang gelap dan gak bisa untuk keluar dari sana.

4. Pola tidur berantakan

Tidur merupakan suatu hal yang wajib untuk dilakukan. Namun, penderita depresi cenderung memiliki pola tidur yang berantakan dan gak sehat.

Ada yang selalu merasa lelah hingga tidur dalam waktu yang lama. Adapula yang gak bisa tidur meski tubuhnya sudah kelelahan.

5. Berat badan turun drastis

Penderita depresi biasanya akan mengalami perubahan pola makanan yang mana ia kehilangan nafsu makanan. Hal ini akan menyebabkan penderita kehilangan berat badan yang signifikan.

Gak hanya berat badan yang turun drastis, penderita depresi cenderung suka mengabaikan kesehatannya sehingga ia memiliki keluhan lain, seperti sakit kepala, masalah pencernaan, atau rasa sakit tanpa pemicu apapun.

Nah Beauty, itu dia beberapa gejala dari depresi yang mungkin dialami, Beauty. Jika kamu mengalaminya segera lakukan pemeriksaan untuk mendapatkan penanganan yang tepat, ya!

Artikel Pilihan