Menu

Benarkah Diabetes Tak Bisa Disembuhkan? Ini 5 Mitos yang Perlu Beauty Tahu, Jangan Sampai Salah Ya...

10 Januari 2023 16:00 WIB

Alat pengukur kadar gula darah. (Pinterest/Freepik)

HerStory, Jakarta —

Diabetes menjadi salah satu penyakit yang menakutkan bagi sebagian besar orang. Pasalnya, penyakit ini bisa memicu penyakit berbahaya lainnya hingga tak jarang mengancam nyawa.

Jika kamu telah didiagnosis menderita diabetes, kamu tidak bisa mengonsumsi makanan secara sembarangan. Ini karena ada beberapa makanan yang bisa menaikkan kadar gula darah. 

Meski begitu, ada beberapa mitos tentang diabetes yang beredar di masyarakat dan diyakini sebuah fakta. Apa saja? Berikut ini 5 mitos diebetes yang sebaiknya perlu kamu pahami Moms, antara lain:

1. Makan dalam porsi kecil namun sering

Kamu pasti sering mendengar jika penderita diabetes harus makan dalam porsi kecil namun sering. Ternyata anggapan tersebutkeliru dan hanya mitos belaka Moms.

Faktanya, penderita diabetes harus makan 2-3 kali sehari sesuai dengan jadwal yang sudah ditetapkan. Bahkan makan secara terjadwal telah terbukti menjadi cara efektif untuk meningkatkan sensitivitas insulin dan menangkal biokimia yang membuat diabetes semakin parah.

2. Diabetes tak bisa disembuhkan

Banyak orang berpikir jika penyakit diabetes sama sekali tak bisa disembuhkan. Namun faktanya, diabetes bisa disembuhkan dengan menjaga kadar gula darah Moms. Mulai dari perawatan medis, perubahan gaya hidup (seperti menjaga pola makan dan rutin berolahraga).

3. Diabetes adalah penyakit progresif

Banyak rumor yang beredar di masyarakat bahwa diabetes adalah penyakit progresif atau dapat berkembang menjadi kondisi yang parah, seperti gagal ginjal, glaukoma, dan katarak. Memang benar, kondisi ini bisa menyerang penderita diabetes.

Tapi, komplikasu tersebut umumnya terjadi lantaran pasien diabetes tak menjaga kadar gula darahnya atau efek samping dari obat tertentu.

4. Makanan bebas gula untuk penderita diabetes

Pasien diabetes memnag perlu membatasi mengonsumsi asupan gula atau makanan manis. Tapi, makanan dengan label 'bebas gula' belum tentu aman dikonsumsi penederita diabetes Moms.

Faktanya, makanan bebas gula kerap mengandung sejumlah kalori dan karbohidrat yang juga membahayakan pasien diabetes karena memicu lonjakan gula darah.

5. Diabetes pada ibu hamil bukan kondisi serius dan langsung sembuh usai melahirkan

Diabetes bisa menyerang wanita yang sedang hamil atau sering disebut dengan diabetes gestasional. Kondisi ini bisa dipicu karena konsumsi makanan dan minuman manis selama masa kehamilan. Nah, ibu hamil dengan kondisi ini mungkin akan berpikir jika diabetes gestasional akan sembuh setelah melahirkan.

Faktanya, menurut Kemkes 50-70 persen ibu hamil yang mengalami diabetes gestasional berisiko mengidap diabetes melitus 5-10 tahun setelah melahirkan, Moms. Jika dibiarkan tanpa pengobatan, anak-anak yang lahir dari ibu yang menderita disebetes selama hamil berisiko menderita diabetes tipe 2 di usia dewasa.

Itulah lima mitos tentang diabetes yang perlu kamu ketahui. Jangan sampai keliru ya!

Share Artikel:

Oleh: Sri Handari

Artikel Pilihan