Menu

5 Jenis Sayuran Merah yang Dibutuhkan Untuk Kesehatan Anak

10 Desember 2020 08:00 WIB

Kumpulan buah dan sayuran. (pinterest/freepik)

HerStory, Bandung —

Sayuran adalah jenis makanan yang dikenal punya beragam manfaat untuk tubuh kita. Tak hanya sayuran hijau, ternyata sayuran berwarna merah juga tak kalah banyak manfatanya. Moms, sudah coba memasaknya untuk si kecil?

Dilansir dari berbagai sumber, berikut ini adalah 5 sayuran merah yang bisa dibuat makanan untuk si kecil karena kandungannya yang menyehatkan.

1. Tomat

Sayuran ini, tentunya sudah tidak asing lagi dan mudah ditemui di mana saja. Tomat menjadi salah satu jenis sayuran berwarna merah yang kaya akan akan lycopene yang mengandung zat karoten, vitamin C, dan kalium. 

Memasak hidangan dengan tomat tentunya sangat menyehatkan untuk si kecil. Tambahan informasi, memasak tomat dengan sedikit minyak menjadi cara terbaik untuk membuat tubuh anak mudah menyerap lycopene yang terkandung di dalamnya.

2. Selada Merah

Kandungan nutrisi pada selada merah dapat membantu melindungi tubuh dari kanker dan menghambat penuaan sejak dini. sayuran ini juga kaya akan antioksidan dan vitamin B6. Selain itu, jika dikonsumsi oleh anak, sayuran ini dapat memenuhi kebutuhan vitamin A dan vitamin K bagi si kecil.

3. Paprika Merah

Paprika merah mengandung vitamin A yang diperlukan anak. Tak hanya itu, paprika merah juga mengandung tiga kali kebutuhan vitamin C, dan mengandung 30 kalori. Dengan kandungannya, paprika merah dapat membantu meningkatkan sistem pertahanan tubuh anak. Selain itu, paprika merah juga mengandung vitamin B6, vitamin E, dan folat.

4. Kentang Merah

Sama seperti kentang pada umumnya, kentang merah pun tak kalah baik untuk kesehatan tubuh. Sebab dalam kentang merah, terkandung nilai tambah yang kaya akan kalium, vitamin C, thiamin, dan vitamin B6.

5. Bit

Bit adalah salah satu jenis sayuran merah yang memiliki kandungan antioksidan tinggi. Tak hanya itu, bit juga menjadi sayuran yang kaya akan kalium, serat, folat, vitamin C, dan nitrat. Dengan memberikan bit kepada anak, Moms dapat membantunya untuk menurunkan tekanan darah, melancarkan sirkulasi darah, dan meningkatkan ketahanan tubuhnya.

Artikel Pilihan