Menu

Nggak Hanya Sariawan, 4 Masalah Lidah Ini Dapat Menyerang si Kecil

10 Desember 2020 18:10 WIB

Ilustrasi anak sedang menjulurkan lidah (pinterest/sarahmae)

HerStory, Bogor —

Moms, ternyata masalah lidah nggak hanya dialami oleh orang dewasa lho! Anak-anak bahkan bayi sekali pun dapat mengalami masalah tersebut. Bila si kecil terlihat rewel dan kesulitan saat menyusu, hal itu bisa jadi pertanda bahwa ia mengalami gangguan pada lidah. Selain sariawan, ada empat masalah lidah lainnya yang dapat menyerang si kecil dan harus kamu waspadai. Kira-kira masalah apa saja ya moms? Berikut informasinya! 

Lidah putih 

Bila lidah si kecil dibalut warna putih dan mengeluarkan bau nggak enak, biasanya hal itu disebabkan oleh jamur. Jika dbiarkan terus menerus, lidah akan berubah menjadi warna merah dan terasa perih. Untuk menghindari kondisi itu, kamu bisa membersihkan lidah si kecil secara rutin ya moms. 

Lidah hitam 

Kondisi lidah hitam ini biasa dikenal dengan black hairy tongue dan penyebabnya adalah bakteri. Biasanya jika mengalami masalah ini akan ditandai dengan munculnya benjolan kecil pada lidah yang nggak boleh dibiarkan, jika dibiarkan terus-menerus akan terjadi infeksi pada lidah anak. 

Lidah merah 

Jika lidah si kecil berwarna sangat merah, bisa jadi itu adalah salah satu indikasi awal dirinya kekurangan vitamin B atau peradangan yang disebabkan oleh bakteri. Apabila si kecil mengalami kondisi tersebut dan disertai dengan demam, sebaiknya segera konsultasikan dengan dokter ya moms! 

Lidah pucat 

Lidah yang berwarna pucat menandakan kalau si kecil mengalami kurang darah atau anemia. Jika keadaan tersebut disertai dengan tubuh yang lemas dan cepat lesu, segera konsultasikan dengan dokter ya!

Nah, itu dia empat masalah lidah yang dapat menyerang si kecil. Untuk menghindari gangguan-gangguan tesebut, pastikan kebersihan gigi dan mulut pada anak tetap terjaga ya moms! 

Artikel Pilihan