Menu

Mata Auto Bening, Minum Air Ketumbar Secara Rutin Punya Banyak Manfaat untuk Kesehatan Moms, Nomor Empat Paling Nggak Nyangka Sih, Apa Itu?

16 Januari 2023 08:10 WIB

Biji ketumbar. (Pixabay/PDPics)

HerStory, Jakarta —

Moms tentu sudah tak asing dengan biji ketumbar, bukan? Salah satu bumbu dapur ini ternyata memiliki banyak manfaat kesehatan yang tak bisa disepelekan lho Moms. Pasalnya, ketumbar mengandung banyak nutrisi penting, seperti zat besi, potasium, asam folat, vitamin A, C dan K, magnesium, dan kalsium.

Semuanya diketahui dapat meningkatkan kesehatan secara keseluruhan. Nah, berikut ini sederet manfaat air rebusan biji ketumbar, seperti dilansir dari berbagai sumber, Senin (16/1/2023), antara lain:

1. Mengobati permasalahan mata

Sebuah penelitian menemukan bahwa kandungan antioksidan yang tinggi dalam rendaman air ketumbar campur madu bisa sangat berguna dalam mengobati mata merah dan masalah mata lainnya.

2. Keputihan

Biji ketumbar campur madu juga dapat digunakan untuk mengatasi masalah keputihan pada perempuan. Kamu harus meminum air rendaman secara rutin selama seminggu untuk menghilangkan keputihan.

3. Mencegah dan mengobati osteoporosis

Larutan ini ternyata juga dapat mencegah hingga mengobati osteoporosis. Kandungan yang ada di dalam ketumbar mengandung antioksidan, seperti vitamin A, riboflavin, niacin, asam folat, vitamin C, vitamin K, kalsium dan karoten. Zat-zat itulah yang ternyata sangat bermanfaat untuk mencegah osteoporosis dan kesehatan mengenai persendian.

4. Diabetes

Biji ketumbar telah direkomendasikan banyak dokter sebagai antidiabetes. Menurut Macrobiotic Health Coach and Nutritionist Shilpa Arora, biji ketumbar yang direndam dalam segelas air dapat membantu resistensi insulin.

Ini akan mengendalikan diabetes lebih lanjut. Biji ini memiliki minyak esensial yang mengatur kadar gula darah secara efektif.

5. Radang sendi dan rematik

Biji ketumbar punya senyawa seperti asam linoleat dan cineole yang terkenal karena sifat antiarititik dan antirematiknya. Air rendaman biji ketumbar cmpur madu dapat mengobati radang sendi dan pembengkakan yang disebabkan oleh rematik dan radang sendi.

Itulah liman manfaat jika kamu minum air rebusan biji ketumbar. Cara membuatnya juga sangat mudah. lho Moms. Kamu cukup merendam 10 gram ketumbar dalam segelas air dan membiarkannya selama semalam.

Keesokan paginya, saring dan campur dengan madu. Minum ramuan tersebut dalam keadaan perut masih kosong. Tertarik mencobanya, Moms?