Menu

Jangan Dibuang Moms! Sarang Madu Ternyata Ampuh Bikin Kolesterol Tinggi Ambrol, Cek Faktanya Yuk Moms!

16 Januari 2023 09:20 WIB

Madu. (Pinterest/Freepik)

HerStory, Jakarta —

Meski tak sepopuler madu, sarang madu juga memiliki banyak manfaat untuk kesehatan tubuh lho Moms. Ya, sarang madu dipercaya bisa membantu menurunkan kadarr kolesterol tinggi.

Seperti diketahui, sarang madu merupakan salah satu sumber lemak tak jenuh yang terbukti bisa meningkatkan kadar kolesterol baik atau HDL. 

Hal ini dikarenakan honeycomb juga terdiri dari beeswax (lilin lebah) yang mengandung asam lemak yang berkhasiat bagi kolesterol. Tak hanya meningkatkan kadar HDL, asam lemak pada sarang madu pun membantu menurunkan kolesterol jahat (LDL) Moms.

Itulah sebabnya, kadar kolesterol aman terkendali jika kamu rutin mengonsumsi sarang madu. Kamu bisa mengolah honeycomb untuk dikonsumsi dalam berbagai cara, lho.

Mulai dari mengonsumsinya secara langsung, diolleskan sebagai selai pada roti, pemanis di atas pancake, oatmeal, atau yogurt, serta ditambahkan pada salad atau buah-buahan. 

Meski begitu, hindari terlalu banyak makan sarang madu Moms. Pasalnya, mengonsumsi secara berlebihan bisa menimbulkan bahaya untuk kesehatan. Alih-alih mendapatkan manfaatnya, kamu justru bisa meningkatkan risiko masalah kesehatan, seperti:

  • botulisme, terutama pada ibu hamil dan anak di bawah usia 12 tahun. Ini merupakan penyakit serius yang disebabkan oleh toksin botulinum, yakni toksin yang menyebabkan kelumpuhan dimulai dari wajah dan menyebar ke seluruh tubuh.
  • masalah pencernaan
  • kadar gula darah melonjak naik
  • reaksi alergi

Jika kamu mengalami beberapa kondisi tersebut, segera ke dokter untuk mendapatkan pertolongan. Semoga informasi ini membantu ya Moms.