Menu

Waspadai Bahayanya! Ini 5 Tanda Kerusakan Pada Kulit Akibat Sinar Matahari

16 Januari 2023 15:50 WIB

Ilustrasi kulit keriput. (Freepik/valuavitaly)

HerStory, Bandung —

Sinar matahari merupakan salah satu kekayaan alam yang memiliki berbagai manfaat untuk kesehatan tubuh. Salah satu contohnya adalah untuk kesehatan kulit. Pasalnya, matahari bisa menjaga kesehatan kulit kita jika mendapatkan asupan sinar yang cukup dan juga di waktu yang tepat.

Tapi, jika kulit terkena paparan sinar matahari terlalu lama dan dalam waktu yang gak pas, kulit ternyata bisa mengalami kerusakan lho. Berikut adalah tanda-tanda kerusakan kulit yang berlebihan, diantaranya:

Sunburn 

Sunburn alias kondisi kulit terbakar bisa terjadi akibat paparan radiasi sinar UV berlebihan. Karena terbakar, kulit akan terasa perih, kemerahan, hingga bengkak dan melepuh. Bahkan, kondisi kulit yang terkena sunburn bisa sampai menimbulkan gejala sakit kepala, mual, hingga demam.

Kulit Kering

Paparan sinar matahari berlebihan dapat menyebabkan kulit menjadi kering dan iritasi. Kulit kering akibat paparan sinar matahari ditandai dengan kulit terkelupas (flaking), kemerahan, gatal (itching), dan kulit kasar (roughness).

Untuk mengatasi masalah ini, kita bisa melakukan eksfoliasi gentle pada kulit yang terdampak. Caranya, gunakan pelembap untuk menjaga hidrasi kulit, serta rajin minum air putih.

Garis Halus

Sinar UV berlebihan dapat menyebabkan tanda-tanda penuaan dini seperti munculnya kerutan dan garis halus pada kulit. Pasalnya, paparan sinar UV berlebihan menonaktifkan karotenoid, yang melindungi kulit dari oksidasi.

Ketika karotenoid dinonaktifkan, kolagen kulit dan elastin yang menjaga kulit tetap kencang dan halus akan terdegradasi. Akibatnya, akan muncul tanda-tanda penuaan seperti kerutan dan garis-garis halus.

Age Spots 

Age spots adalah kondisi kulit yang menampakkan bercak-bercak gelap pada kulit akibat paparan sinar UV tinggi. Ini terjadi lantaran melanin menggumpal di dalam keratinosit atau diproduksi dalam konsentrasi tinggi.

Umumnya age spots lebih sering dialami oleh orang dewasa yang berusia lebih dari 50 tahun. Tapi, kerusakan kulit ini juga bisa kita dapatan di usia muda jika terlalu lama terkena paparan sinar matahari.

Melasma 

Melasma adalah suatu kondisi kulit yang ditandai dengan munculnya bintik-bintik berwarna coklat tua atau abu-abu pada kulit. Meski belum jelas penyebab utama yang dapat menyebabkan melasma, tetapi ada beberapa penyebab yang diketahui dapat memicu munculnya melasma, salah satunya yaitu paparan sinar matahari.