Menu

3 Rekomendasi Beras Terbaik untuk Cegah Diabetes, Ayo Mulai Hidup Sehat Moms!

16 Januari 2023 16:55 WIB

Ilustrasi nasi putih. (Unsplash/edited by HerStory)

HerStory, Bandung —

Nasi putih yang umumnya menjadi karbohidrat utama masyarakat Indonesia merupakan salah satu musuh bagi penderita diabetes. Pasalnya, dalam satu cangkir nasi putih mengandung 53,4 gram karbohidrat.

Nasi putih juga punya skor indeks glikemik yang tinggi. Artinya, nasi putih bisa memengaruhi kadar gula secara signifikan. Namun, jangan khawatir Moms.

Ada beberapa jenis beras yang bisa menggantikan nasi putih agar gula darah tak melonjak tinggi. Berikut adalah beberapa jenis beras yang direkomendasikan, diantaranya:

Beras merah

Mengutip dari Medical News Today, sebuah studi pada 2012 mengungkap bahwa orang yang makan setidaknya dua porsi nasi merah per minggu memiliki risiko diabetes tipe 2 11 persen lebih rendah daripada orang yang jarang makan nasi.

Oleh karena itu, para peneliti menyimpulkan bahwa makan nasi merah dapat membantu menurunkan risiko diabetes tipe 2, terutama jika beralih dari nasi putih ke nasi merah.

Beras basmati

Beras basmati atau yang  dikenal dengan sebutan nasi kebuli ini juga menjadi jenis beras yang cocok bagi diabetesi. Beras basmati memiliki indeks glikemik yang lebih tinggi dibandingkan beras biasa. Indek glikemiknya antara 50-58, sehingga bisa disebut dalam skala rendah hingga sedang.

Beras hitam

Beras hitam merupakan jenis beras yang enggak mengandung gula. Meskipun tinggi karbohidrat, beras ini dapat dicerna dengan lambat sehingga enggak menyebabkan peningkatan gula darah.

Itulah beberapa jenis beras yang bisa menggantikan nasi putih untuk mencegah diabetes. Semoga bermanfaat, ya, Moms!