Menu

Duh Ngeri... Warna Lidah Seperti Ini Ternyata Menandakan Kadar Kolesterol Tinggi dan Bisa Berdampak Fatal, Cek Sekarang Beauty!

18 Januari 2023 12:10 WIB

Ilustrasi kolesterol dalam tubuh. (Pinterest/Edited by herstory)

HerStory, Jakarta —

Beauty, kamu pasti udah tahu jika kolesterol tinggi dapat menyebabkan beberapa komplikasi kesehatan.

Kecuali kamu melakukan tes, kamu mungkin tak akan menyadari bahwa kadar kolesterolmu tinggi karena kurangnya tanda dan gejala yang mengkhawatirkan.

Nah, perlu kamu ketahui, Beauty, kolesterol tinggi dapat menyebabkan penumpukan plak di arteri yang dapat mengakibatkan komplikasi seperti stasis darah atau aliran darah yang mandek. Dan ternyata ini bisa tercermin melalui perubahan warna lidah, lho!

Menurut jurnal medis Frontiers in Medicine, lidah berwarna ungu tua dan pembuluh darah sublingual yang membesar (pembuluh darah yang mengalirkan lidah) merupakan tanda penting dari stasis darah.

“Ujung lidah berwarna ungu kebiruan atau ini mungkin bercak darah di ujungnya. Pembuluh darah sublingual berwarna gelap atau bengkok dan tebal,” jelas Science Direct, dikutip dari Times of India, Rabu (18/1/2023).

Nah, stasis darah sendiri adalah gejala kolesterol tinggi, Beauty. Itu terjadi ketika darah tak dapat mengalir dengan baik melalui jaringan.

Hal ini dapat mengurangi kecepatan aliran darah, menyebabkan obstruksi parsial, dan meningkatkan tekanan pada pembuluh darah.

Mengapa warna lidah bisa berubah?

Dalam kebanyakan kasus, lidah berwarna ungu berarti darah tak bersirkulasi dengan baik di tubuh, Beauty. 

Ini juga dapat menunjukkan bahwa darah gagal memberikan oksigen yang cukup ke jaringan tubuh.

Selain itu, ini juga bisa berarti bahwa darah merah gelap yang menunjukkan kekurangan oksigen, berbeda dengan darah merah terang yang kaya oksigen, beredar melalui arteri.

Penyebab lain lidah berwarna ungu

Beberapa kondisi lain yang berkaitan dengan kesehatan pembuluh darah dapat menyebabkan perubahan warna ungu atau biru pada lidah.

Sianosis sentral, yang menyebabkan oksigenasi arteri yang buruk, berhubungan dengan clubbing dan perubahan warna kebiruan pada selaput lendir, seperti lidah.

Menurut Oral Cancer Foundation, kanker lidah dapat menghasilkan warna merah tua atau ungu pada permukaan dalam mulut. Lidah ungu atau kebiruan juga bisa menandakan kekurangan vitamin.

Komplikasi kolesterol tinggi

Kolesterol dapat menumpuk di dinding arteri, menyebabkan pembentukan penyakit. Jika plak robek atau pecah, dapat membentuk bekuan darah, yang dapat menyumbat aliran darah.

Kemudian, jika aliran darah ke bagian jantungmu berhenti, maka kamu akan mengalami serangan jantung. Mirip dengan serangan jantung, ketika gumpalan darah menghalangi aliran darah ke bagian otak, kamu akan mengalami stroke.

Tetap jaga kesehatanmu, ya Beauty!

Artikel Pilihan