Menu

5 Bintik Merah Ini Jadi Ciri Khas Gejala Penyakit Campak, Wajib Paham Moms!

20 Januari 2023 18:30 WIB

Ilustrasi campak. (Shutterstock/Edited By HerStory)

HerStory, Bandung —

Campak merupakan salah satu penyakit yang gejalanya ditandai dengan adanya ruam berupa bintik-bintik merah di beberapa bagian tubuh.

Ruam-ruam ini terkadang memang mirip dengan penyakit DBD, rubella, dan tipes. Untuk itu, Moms perlu mengetahui apa saja ciri-ciri bintik yang terjadi pada penyakit Campak berikut ini!

Ciri-ciri bintik merah gejala campak 

1. Bentuk bintik merah 

Bintik merah gejala campak berupa bintik-bintik kecil seperti biang keringat. Bintik ini bisa membentuk ruam kemerahan yang meluas saat bintik-bintik merah mulai menyebar. 

2. Lokasi bintik merah

Bintik merah ini mulanya akan muncul di belakang telinga, wajah, leher dan nantinya akan menyebar ke tangan, kaki, dan seluruh tubuh.

3. Muncul setelah 3 hari sejak gejala awal campak 

Bintik merah pada gejala penyakit campak biasanya akan muncul setelah tiga atau lima hari penderita merasakan tanda awal penyakit mirip flu, seperti demam, batuk, pilek, mata merah dan berair. 

4. Demam tinggi 

Demam tinggi menjadi salah satu ciri penyakit campak yang khas. Ruam merah akan muncul di puncak demam. Pasalnya, suhu tubuh penderita juga bisa mencapai 40 derajat Celcius.

5. Ruam berlangsung selama kurang lebih 5 hari 

Bintik-bintik merah gejala campak akan bertahan selama setidaknya tiga hari. Ruam ini mereda seiring kondisi kesehatan yang mulai berangsur-angsur membaik. Salah satunya ditandai dengan bintik-bintik merah yang mulai mengering atau warnanya jadi lebih gelap seperti kecoklatan atau kehitaman. 

Artikel Pilihan