Menu

Cocok Sebagai Menu Sarapan, Ini Sederet Manfaat Kacang Panjang yang Gak Banyak Orang Tahu, Diabetesi Wajib Coba, Ini Alasannya

30 Januari 2023 08:00 WIB

Kacang panjang (Freepik/Edited By HerStory)

HerStory, Jakarta —

Moms, jangan sesekali meninggalkan sarapan jika kamu ingin memiliki tubuh yang sehat. Pasalnya sarapan menjadi 'bahan bakar' tubuh dalam memulai aktivitas sehari penuh. Itulah mengapa kamu perlu sarapan terlebih dahulu untuk mengawali harimu.

Nah, pilihlah sarapan sehat dengan memasukkan sayuran ke dalam menu makananmu. Salah satu sayur yang bisa jadi pilihan menu sarapan adalah kacang panjang. Biasanya, kacang panjang dikonsumsi sebagai lalapan atau diolah menjadi makanan matang.

Perlu Moms ketahui, kacang panjang memiliki manfaat yang luar biasa untuk kesehatan lho. Apa saja? Berikut ulasannya seperti dilansir dari berbagai sumber, Senin (30/1/2023).

1. Sebagai penambah darah

Manfaat pertama yang bisa kamu dapatkan ketika mengonsumsi kacang panjang adalah mampu menambah darah. Ini karena kandungan zat besi dan mineral dalam kacang panjang bisa memicu perkembangan sel darah merah.

Kandungan mineral di dalamnya juga bisa membantu menambah darah serta mengatasi anemia lho Moms.

2. Mampu meningkatkan stamina

Saat kamu beraktivitas berat, tubuh membutuhkan asupan oksigen lebih banyak Moms. Nah, kacang panjang inilah yang akan berperan melancarkan peredaran darah dan memicu pembentukan sel darah merah sehingga membuat tubuh lebih berstamina.

Tentu ini sangat cocok kamu jadikan sebagai menu sarapan Moms. Apalagi jika kamu memiliki segudang aktivitas dalam sehari-hari.

3. Menurunkan risiko rematik

Kacang panjang kaya akan kandungan vitamin C yang bisa menurunkan kadar asam urat dalam darah Berdasarkan penelitian, makan 1000-1499 mg vitamin C bisa membantu menurunkan kadar asam urat hingga 31 persen lho Moms.

4. Menjaga kesehatan jantung

Manfaat kacang panjang berikutnya yaitu mampu menjaga kesehatan jantung. Sebab kandungan antioksidan di dalamnya mampu menangkal radikal bebas sehingga melindungi organ tubuh dari kerusakan Moms.

Nah, kacang panjang juga dipercaya bisa melancarkan peredaran darah sehingga baik untuk kesehatan jantung Moms. Tak ada salahnya jika kamu masukkan kacang panjang dalam menu sarapanmu, bukan?

5. Menurunkan kadar gula darah

Tak hanya baik untuk menjaga kesehatan jantung, ternyata kacang panjang juga baik dikonsumsi penderita diabetes atau diabetesi Moms. Pasalnya, jenis kacang yang satu ini mampu menurunkan kadar gula darah.

Ini karena kandungan serat dan karbohidrat di dalamnya yang tinggi serta kalorinya cukup rendah. Jika kamu memiliki kadar gula darah tinggi, mulailah masukkan kacang panjang ke dalam menu harianmu untuk membantu mengontrol kadar gula darah dalam tubuh Moms.

Meskipun kacang panjang memiliki sejumlah manfaat baik untuk kesehatan, tapi bukan berarti kamu terus mengonsumsinya ya Moms. Sebab, konsumsi kacang panjang secara berlebihan bisa menimbullkan berbagai efek samping.

Mulai dari gangguan pencernaan, reaksi alergi, hingga memicu gangguan hati dan ginjal. Oleh sebab itu, konsumsi kacang panjang dalam jumlah secukupnya saja ya!