Menu

Singgung Soal Gender, Bunda Corla Minta Hargai Masa Lalunya: Jangan Mengorek-ngorek!

31 Januari 2023 16:40 WIB

Bunda Corla (instagram.com/@bunda_corla)

HerStory, Depok —

Artis viral, Bunda Corla menitipkan pesan bagi masyarakat Indonesia jelang kepulangannya ke Jerman. Ia meminta masyarakat untuk lebih menghargai perbedaan.

"Jangan saling julid. Sayangi sesama manusia, hormati perbedaan," ujar Bunda Corla.

Bunda Corla juga meminta masyarakat Indonesia berhenti saling menghakimi satu sama lain. "Jangan suka menghakimi orang, jangan suka membuka aib orang. Sembunyikan aib orang, biar disembunyikan aib kita di akhirat," katanya lagi.

Tak lupa, Bunda Corla turut menyinggung tentang aksi bongkar aib yang dirinya sendiri sempat jadi korban.

"Jangan mencoba menjatuhkan derajat orang, harga diri orang. Menaikkan harga diri itu susah. Allah itu menaikkan harga diri kita, lalu orang menjatuhkan. Itu dosanya paling besar," terangnya.

Terakhir, Bunda Corla menegaskan pentingnya perlindungan hak asasi manusia bagi sesama. Sebelumnya, Bunda Corla sempat dituding waria yang sudah berganti kelamin menjadi wanita.

"Hargain hak asasi manusia, apa pun yang ada pada mereka, kekurangan apa pun, hargai. Hak asasi manusia itu sangat dilindungi, dihargai, dijaga benar-benar," imbuhnya.

"Jangan bongkar aibnya, jangan jelekkin dia, jangan mencoba mengorek-ngorek. Apapun jenis gendernya, apa pun jenis kelaminnya, apa pun kecacatan pada diri dia, jangan dizalimi, jangan dikritik," sambungnya.

Sosok Bunda Corla viral di media sosial sejak akhir 2022. Ia mencuri perhatian publik gara-gara gaya bicara ceplas-ceplos dan sering berjoget lagu dangdut saat melakukan siaran langsung.

Mendapat banyak penggemar atas aksinya, Bunda Corla yang menetap di Jerman memutuskan pulang ke Indonesia belum lama ini untuk menemui mereka.

"Bunda di sini menghibur anak-anak bunda," tutur Bunda Corla. Rencananya, Bunda Corla akan pulang ke Jerman hari ini karena alasan pekerjaan yang tak bisa ditinggalkan.