Menu

Kamu Salah Satu Penderita PCOS Beauty? Ini Tips dari Dokter Ahli Biar Program Hamil Berhasil, Catat Ya!

03 Februari 2023 20:05 WIB

Ilustrasi gangguan menstruasi (Manchaster Evening News/Edited by HerStory)

HerStory, Jakarta —

Beauty, seperti yang kita tahu, polycystic ovarian syndrome (PCOS) merupakan masalah kesuburan pada wanita. Kondisi ini terjadi pada wanita yang berada di usia subur.

Kondisi ini membuat hormon pada wanita yang mengidap PCOS menjadi enggak seimbang karena berbagai hal. Apa kamu salah satu penderita PCOS, Beauty?

PCOS ini disebut dapat menimbulkan komplikasi berupa infertilitas pada wanita. Sebab, ukuran indung telur (ovarium) pengidap PCOS lebih besar dari wanita normal.

Indung telur yang lebih besar ini di dalamnya berisikan banyak kista kecil mengandung telur yang belum matang. Alhasil, telur itu sulit untuk dikeluarkan, apalagi dibuahi.

Lantas, bagaimana cara penderita PCOS bisa berhasil saat melakukan program hamil?

Dokter Spesialis Obgyn dari Pusat Fertilitas Bocah Indonesia, dr. William T. Wahono, Sp.OG., membeberkan kepada HerStory terkait tips keberhasilan program hamil pada penderita PCOS.

Berikut ini beberapa tips yang disampaikan oleh dr. William. Yuk, simak baik-baik ya, Beauty!

1. Harus 'Getol'

Sebelum memulai program hamil, kamu membulatkan niat terlebih dahulu. Kalau enggak 'getol' dari awal, maka program hamil bisa sia-sia.

"Karena memang pada PCOS itu harus 'getol' olahraganya, harus 'getol' juga untuk menurunkan berat badannya," kata dr. William.

2. Harus Sabar

Enggak hanya butuh niat, kata dr. William, penderita PCOS yang ingin melakukan program hamil harus memiliki kesabaran yang ekstra karena prosesnya akan cukup panjang.

"PCOS itu agak beda dengan yang lainnya. Maksudnya, penelitian aja bilang kehamilan bisa dicapai dalam waktu 6-9 bulan sejak mulai program. Artinya, memang pada kasus PCOS butuh waktu untuk memperbaiki kelainan hormonal, gangguan resistensi insulin, dan lain sebagainya," ungkap dr. William.

dr. William juga bilang, wanita-wanita dengan PCOS yang gagal melakukan program hamil biasanya karena kurang sabar dan mau serba cepat.

"Karena yang suka bikin gagal itu karena enggak sabar. Ada yang baru sebentar terus bilang, 'Kok gak hamil-hamil sih', nah itu yang keliru," ujar dr. William.

dr. William pun lantas mengingatkan, perjuangan penderita PCOS untuk mendapatkan kehamilan itu cukup panjang. Jadi, jangan sampai menyerah untuk melakukan program hamil.

"Jadi, PCOS ini perjuangannya agak panjang. Kalau dikasih (kehamilannya) cepat, ya syukur. Tapi, kalau dikasih panjang (proses kehamilannya), ya memang begitu perjalanannya untuk PCOS," tutup dr. William.