Menu

Nyesal Baru Tahu, Rutin Konsumsi Apel Banyak Manfaatnya untuk Tubuh, Bisa Terhindar dari Penyakit Berbahaya Ini!

12 Februari 2023 10:30 WIB

Dua buah apel. (Pixabay/955169)

HerStory, Depok —

Siapa sih yang nggak kenal buah apel? Buah apel memiliki ragam manfaat bagi kesehatan tubuh loh, Beauty.

Apel merupakan buah yang kaya akan vitamin A, vitamin C, vitamin B6, serat, dan mineral. Menurut Departemen Pertanian Amerika Serikat, apel berukuran medium memiliki kandungan 4,4 gram serat dan 8,4 miligram vitamin C.

Keduanya mencukupi nilai harian serat dan vitamin C dan tinggi serat yang dibutuhkan oleh tubuh. Selain itu, apel juga memiliki kandungan antioksidan tinggi yang mana banyak riset menyatakan apel dapat membantu mengurangi risiko kanker.

Bahkan, kandungan zat polifenol pada apel juga terbukti mengurangi risiko obesitas .Tak hanya itu, rutin makan apel setiap hari juga mampu melawan alzheimer, mencegah kanker, menstabilkan gula darah, menurunkan risiko terserang stroke.

Pasalnya, apel yang merupakan buah kaya akan serat ini mampu membantu menurunkan risiko stroke hingga 32%, serta dapat mengatur tekanan darah agar tetap normal dan menurunkan kolesterol.

Mengonsumsi apel juga bisa mengurangi risiko terserang penyakit jantung, membuat paru-paru lebih baik dan membantu mengatasi asma.Buah apel yang kaya akan serat mampu melancarkan buang air besar dan mencegah konstipasi. Untuk mendapatkan manfaat ini, Beauty disarankan mengonsumsi buah apel dengan kulitnya, sebab kulit apel mengandung banyak serat dan antioksidan.

Kandungan pektin pada apel dapat memberi nutrisi untuk bakteri baik di dalam saluran pencernaan, sehingga dapat memelihara kelancaran fungsi pencernaan tubuh.

Menariknya lagi, mengonsumsi apel sebelum tidur disebut memberi manfaat kesehatan, seperti meningkatkan kualitas tidur.

Lantas, boleh makan apel setiap hari? Jawabannya tentu boleh ya, Beauty.

Pasalnya, kandungan serat dan antioksidan membuat konsumsi sebutir apel dalam sehari memberikan efek positif pada pengaturan kadar gula darah.

Studi pada 2013 menemukan konsumsi apel lebih banyak berhubungan dengan penurunan risiko diabetes tipe 2.

Kamu bisa mengonsumsi apel dengan berbagai cara, Beauty. Mulai dari makan langsung, dibuat jus, atau disajikan dalam bentuk salad buah.

Share Artikel:

Oleh: Nailul Iffah

Artikel Pilihan