Menu

Meski Pahit, Jus Pare Ternyata Punya 5 Khasiat Ini untuk Tubuh Lho

13 Februari 2023 14:15 WIB

Ilustrasi sayur pare (Freepik/Iamnee)

HerStory, Bandung —

Pare merupakan salah satu sayuran yang memiliki rasa pahit. Meski pahit, pare memiliki berbagai kandungan seperti vitamin dan mineral. Oleh karena itu, pare memiliki beragam manfaat untuk tubuh.

Nah, untuk merasakan manfaatnya, Moms bisa mengonsumsi pare dengan membuatnya menjadi jus. Wah, kira-kira manfaat apa saja yang akan didapat, ya? Yuk, simak artikel berikut ini!

Mengatasi Luka Kulit dan Infeksi

Jus pare menjadi obat tradisional untuk mengatasi luka kecil pada kulit dan infeksi. Caranya, dengan mengoleskannya secara topikal pada kulit.

Menurunkan kadar gula darah 

Manfaat pare yang paling terkenal adalah menurunkan gula darah. Hal ini karena pare memiliki senyawa yang dapat bertindak seperti insulin, yang bertugas mengolah gula darah untuk menjadi energi di dalam sel tubuh.

Beberapa penelitian juga membuktikan bahwa konsumsi pare dapat mengurangi kadar gula darah dan menurunkan HbA1c penderita diabetes tipe 2. 

Mengurangi Risiko Pendarahan

Dengan kandungan vitamin K di dalamnya jus pare bisa membantu mengurangi risiko pendarahan yang berlebihan.

Baik untuk Mata

Selain wortel, pare juga mengandung vitamin A yang berguna untuk meningkatkan kesehatan kulit serta mata. Selain itu, manfaat sayur pare juga mampu melindungi sel dari kerusakan lantaran pare merupakan sumber katekin, asam galat, epikatekin, dan asam klorogenan, senyawa antioksidan. 

Menjaga Kekebalan Tubuh

Antioksidan dalam pare dapat menjaga tubuh untuk terhindar dari segala penyakit. Dalam sebuah studi pare juga diketahui bersifat anti-karsinogen dan anti tumor.