Menu

Telur Buruk untuk Kesehatan Jantung, Mitos atau Fakta? Ternyata Begini Kata Riset, Camkan Baik-baik Ya Beauty!

13 Februari 2023 16:30 WIB

Omelette Bayam Jamur Kuping (Sumber/Shutterstock)

HerStory, Jakarta —

Beauty, seringkali kita kebingungan, amankah telur bagi kesehatan jantung? Pasalnya, banyak yang menyebut telur bisa berdampak pada kolesterol.

Secara umum, telur diyakini tak baik untuk kesehatan jantung. Namun, kita percaya bahwa telur adalah makanan sehat.

Lantas, benarkah telur menjadi sumber kolesterol jahat?

Dilansir dari Times of India, Senin (13/2/2023), memang benar telur mengandung kolesterol tinggi tapi telur kaya akan vitamin, mineral, dan lemak sehat.

Selain itu, telur juga kaya akan fosfor, kalsium, potasium, dan mengandung sodium dalam jumlah sedang. Serta mengandung tembaga, yodium, besi, magnesium, mangan, selenium dan seng.

Melihat banyaknya komposisi nutrisi dalam telur, ada baiknya kita memahami cara makan telur agar tak kehilangan nutrisi penting bagi tubuh.

Lalu, idealnya berapa banyak sih telur yang harus dimakan dalam sehari?

Beberapa penelitian mengatakan satu butir telur sehari sudah cukup untuk menyediakan nutrisi penting bagi tubuh. Namun, perlu diperhatikan juga cara mengonsumsi telur.

Telur bisa diolah menjadi beberapa menu sesuai selera, dibuat menjadi sandwich, salad, omelette atau bahkan telur rebus.

Namun, penting bagi kita melihat seberapa banyak manfaat atau kerugian yang akan dialami tubuh jika salah dalam mengolah telur.

Misalnya, mengkombinasikan telur dengan jenuh dalam mentega, keju, bacon, sosis, muffin, atau scone, bisa meningkatkan kolesterol dalam darah.

Sebuah studi yang dilakukan oleh para peneliti di Universitas Boston menemukan bahwa makan telur menurunkan risiko tekanan darah, gula darah, dan diabetes tipe 2, jika mengonsumsinya 5 butir dalam seminggu.

Lantas, amankah penderita kolesterol mengonsumsi telur?

Terkait hal ini, para ahli menyarankan orang yang kolesterol tinggi sebaiknya tak memakan kuning telur agar kadar kolesterolnya tik melonjak.

So, gak perlu khawatir lagi ya buat kamu yang ingin mengonsumsi telur, Beauty!