Menu

Masih Banyak yang Gak Suka, 4 Menu Sarapan Ini Bisa Jadi Pilihan yang Pas untuk Halau Virus Mematikan Moms, Ada yang Kamu Suka Gak?

14 Februari 2023 07:08 WIB

Ilustrasi sarapan bersama keluarga. (Shutterstock/Edited by HerStory)

HerStory, Jakarta —

Sarapan menjadi hal penting yang tidak boleh ditinggalkan karena menjadi salah satu cara untuk mendongkrak imun tubuh Moms. Karenanya, kita wajib memberikan asupan makanan yang bergizi ke tubuh.

Dengan begitu, kamu akan lebih prima dan tentunya sistem kekebalan tubuh juga lebih kebal dengan virus. Berikut ini, beberapa rekomendasi menu sarapan sehat yang bisa menghalau virus, seperti dikutip dari berbagai sumber, Selasa (14/2/2023).

1. Telur

Telur kaya akan protein, vitamin dan mineral penting, seperti selenium dan riboflavin. Berkat kandungan protein yang tinggi, telur dapat mengurangi nafsu makan ketika disantap saat sarapan untuk menurunkan berat badan secara serius.

Kamu bisa mengolahnya dengan cara merebus hingga orak-arik. Atau cobalah memasak dua atau tiga telur, kemudian gabungkan dengan porsi sayuran favoritmu, untuk sarapan yang bergizi dan lezat.

2. Gandum

Gandum adalah komponen yang mengandung jumlah vitamin dan mineral yang terkonsentrasi, termasuk mangan, tiamin dan selenium. Gandum juga tinggi serat, mengandung hampir 4 gram serat dalam setiap 1-ons (28-gram) porsi.

Sebuah penelitian menunjukkan bahwa meningkatkan asupan serat dari biji-bijian sereal dapat bermanfaat bagi penurunan berat badan.  Selain itu, makan sereal berserat tinggi efektif untuk mengurangi nafsu makan dan asupan makanan, serta membantu menstabilkan gula darah setelah makan.

Cobalah menggunakan gandum sebagai taburan untuk bubur oatmeal, smoothies, atau yogurt untuk sarapan.

3. Pisang

Tinggi serat tetapi rendah kalori, pisang merupakan alternatif yang bagus untuk sarapan di pagi hari. Satu pisang sedang memiliki lebih dari 100 kalori. Serat membantu memperlambat pengosongan perut untuk membuatmu merasa kenyang lebih lama.

Pisang dapat dimakan langsung atau diiris sebagai topping untuk yogurt, keju cottage atau oatmeal. Kamu juga dapat menambahkan pisang hijau yang belum matang ke smoothie pagi untuk mendapatkan pati resisten yang sehat.

4. Yoghurt

Creamy, lezat dan memuaskan, yogurt tergolong makanan sehat untuk diet penurunan berat badan. Secara khusus, yogurt Yunani memberikan banyak protein dalam setiap porsi, menjadikannya makanan sarapan yang ideal untuk menurunkan berat badan. 

Coba gabungkan satu cangkir (285 gram) yogurt Yunani dengan beberapa buah campuran, biji chia atau bibit gandum untuk sarapan yang bernutrisi tinggi.

Share Artikel:

Oleh: Sri Handari