Menu

Gak Cuma Bikin Ngeces, 5 Makanan Ini Dikenal Ampuh Ilangin Stres, Yakin Gak Mau Coba?

14 Februari 2023 17:05 WIB

Wanita sedih (Unsplash/Kinga Cichewicz)

HerStory, Jakarta —

Beauty, ada ga sih di antara kamu yang sedang mengalami stres? Stres adalah bagian yang sulit dihilangkan sepenuhnya dari kehidupan.

Tenang aja Beauty, ada banyak cara kok yang bisa membantu menghilangkan stres.

Beberapa penelitian menunjukkan bahwa ada hal yang bisa dilakukan untuk mengelola stres di hidupmu, salah satunya dengan mengonsumsi makanan-makanan tertentu.

Tak hanya mengonsumsi makanan tertentu, stres juga bisa diatasi dengan, olahraga, meditasi, dan tidur yang berkualitas.

Selain itu, ada beberapa makanan yang akan membantu kamu mengelola stres secara alami yang dirangkum oleh HerStory, Selasa (14/2/2023). Yuk simak!

1. Cokelat

Mungkin kamu termasuk orang yang suka makan cokelat saat merasa sedih atau stres. Ternyata dalam sebuah studi tahun 2014 menunjukkan bahwa mengonsumsi 40 gram cokelat hitam dan susu selama dua minggu, terbukti menjadi cara efektif yang membantu mengurangi stres.

Kakao pada cokelat mengandung polifenol yang terkait dengan efek pengurangan stres. Namun, perlu kamu memperhatikan jenis cokelat yang dikonsumsi untuk mendapatkan hasil lebih optimal.

2. Alpukat

Alpukat memiliki kandungan yang tidak hanya baik bagi kesehatan fisik tetapi juga mental. Dikutip dari Verywell Health, alpukat adalah sumber magnesium alami, dan orang-orang yang kekurangan magnesium lebih rentan terhadap stres.

Artinya, sebagai makanan yang kaya akan magnesium, alpukat bisa membantu kamu meredakan stres yang kamu alami.

Jika kamu tidak suka alpukat, ada juga alternatif makanan lainnya yang juga kaya akan magnesium. Kamu bisa mengganti alpukat dengan cokelat hitam, susu, dan kacang-kacangan.

3. Salmon dan tuna

Salmon dan tuna adalah ikan-ikan berlemak yang kaya akan asam lemak omega-3. Dikutip dari Allina Health, asam lemak omega-3 ini mengendalikan hormon stres kortisol dan mengatur kadar adrenalinmu.

Nutrisi pada salmon dan tuna mudah berinterkasi dengan molekul otak yang berhubungan dengan suasana hati akan membantu kamu kelola stres yang kamu alami.

Jika kamu tidak menyukai salmon atau tuna, kamu bisa menggantinya dengan makanan lain yang juga kaya akan asam lemak omega-3, seperti kenari, bayam, dan biji rami.

4. Blueberry

Blueberry menawarkan sejumlah manfaat kesehatan, termasuk peningkatan mood. Dilansir dari Healthline, blueberry mengandung antioksidan flavonoid tinggi yang memiliki efek anti-inflasi dan pelindung saraf yang kuat. Ini membantu mengurangi peradangan dan melindungi kamu dari kerusakan sel yang terkait dengan stres. 

Tidak hanya itu, penelitian juga menunjukkan bahwa mengonsumsi makanan yang kaya akan flavonoid seperti blueberry, juga bisa membantu menghindari depresi dan meningkatkan suasana hati.

5. Teh Hijau

Selain makanan, kamu juga bisa mengonsumsi teh hijau yang memiliki sejumlah manfaat bagi kesehatan, termasuk kesehatan mental.

Dilansir dari Clipper Teas, teh hijau mengandung asam amino teanin yang memberi efek menenangkan bagi pikiran. Selain meredakan stres, teh hijau juga bisa membantu kamu rileks dan mengurangi kecemasan.

Waah, ternyata ada banyak cara ya untuk menghilangkan stres. Tertarik mengonsuminya, gak?

Artikel Pilihan