Menu

Jaga Kesehatan Sendi dengan Perbanyak Konsumsi 5 Makanan Ini, Nyeri Sendi Langsung Minggat!

16 Februari 2023 11:25 WIB

Ilustrasi wanita mengalami sakit leher (Shutterstock/Edited By HerStory)

HerStory, Jakarta —

Beauty, apakah kamu salah satu penderita nyeri sendi? Ya, nyeri sendi merupakan rasa sakit dan enggak nyaman pada sendi, yaitu jaringan yang dapat menghubungkan dan membantu pergerakan antara dua tulang.

Nyeri sendi bisa terjadi akibat beragam kondisi, mulai dari cedera atau peradangan pada sendi, bursa, ligamen, tulang rawan, tendon, dan tulang-tulang di sekitar sendi.

Nah, salah satu cara yang bisa dilakukan untuk menghilangkan nyeri sendi adalah mengubah gaya hidup sehat dengan mengonsumsi makanan-makanan yang sehat.

Berikut HerStory rangkum 5 makanan yang bisa mengurangi risiko nyeri sendi, menguatkan tulang, dan menunjang sistem daya tahan tubuh. Yuk, simak baik-baik, ya!

1. Seafood

Seafood yang berasal dari golongan krustasea seperti udang, lobster atau kepiting mengandung glukosamin yang dapat membantu memelihara kesehatan sendi serta mengurangi keluhan nyeri, pembengkakan, dan kekakuan pada osteoarthritis.

2. Bawang Putih

Bawang putih mengandung senyawa yang dapat berperan sebagai antiinflamasi dan dapat mengurangi gejala nyeri sendi. 

Selain itu, bawang putih juga dapat meningkatkan fungsi sel-sel kekebalan tertentu untuk membantu memperkuat sistem kekebalan tubuh.

3. Sayuran hijau

Ragam sayuran hijau, seperti kembang kol, jamur, dan brokoli baik dikonsumsi untuk Kesehatan sendi karena mengandung sifat antiinflamasi yang penting untuk membantu mengurangi gejala radang sendi. 

Selain itu, kandungan sulforafan yang terdapat dalam sayuran hijau juga dapat menghambat pembentukan enzim yang menyebabkan peradangan pada tulang dan sendi.

4. Buah-buahan

Buah dari kelompok beri, seperti stroberi, blackberry, blueberry, raspberry, dan cranberry banyak mengandung antioksidan dan memiliki kemampuan untuk melawan arthritis atau radang sendi. Anthocyanin yang ditemukan pada kelompok buah tersebut memiliki efek anti radang. 

Selain itu, buah-buahan yang kaya akan vitamin C seperti jeruk, anggur, dan limau juga dapat menjaga kondisi sendi agar tetap sehat.

5. Susu dan produk olahannya

Beragam produk susu rendah lemak secara rutin dapat menurunkan tingkat  keparahan osteoartritis pada lutut. Selain itu, produk olahan susu, seperti yoghurt dan keju kaya akan kalsium dan vitamin D terbukti dapat meningkatkan kekuatan otot, serta menunjang sistem daya tahan tubuh. 

Selain menerapkan gaya hidup sehat dan mengonsumsi makanan sehat, kamu juga bisa mengatasi nyeri sendi dengan mengonsumsi suplemen seperti Viostin.

Komponen suplemen utama yang dibutuhkan oleh sendi adalah glukosamin dan kondroitin, kandungan ini sangat bermanfaat untuk mencegah maupun mengatasi nyeri sendi,” papar dr Herwindo Ridwan, SP. OT. dikutip dari keterangan resminya yang dikutip HerStory, Kamis (16/2/2023).

Selain memiliki kandungan utama glukosamin dan kondroitin, Viostin juga mengandung magnesium, mangan, zinc dan vitamin C yang sangat bermanfaat meredakan nyeri sendi. 

Viosytin sudah bersertifikat halal dan sudah dipercaya selama 10 tahun dapat bekerja membantu memperbaiki osteoarthritis, rematik, dan berbagai masalah pada sendi dan tulang rawan tanpa perlu khawatir efek samping.

Nah, itulah beberapa makanan sehat yang bisa kamu konsumsi dan rekomendasi suplemen yang bisa dicoba. Semoga bermanfaat, ya!

Share Artikel:

Oleh: Tasha Rainita