Menu

Basmi Tuntas Masalah Kolesterol dengan 5 Makanan Sehat Ini, Cuuss Cobain Sekarang Beauty!

18 Februari 2023 17:00 WIB

Ilustrasi menjaga kolesterol (Freepik.com/EditedByHerstory)

HerStory, Jakarta —

Beauty, kolesterol merupakan salah satu zat lemak yang diproduksi oleh tubuh dan juga bisa berasal dari makanan hewani. Selama kadarnya terkontrol, kolesterol bermanfaat untuk memproduksi vitamin D, beberapa hormon, dan asam empedu untuk mencerna lemak.

Sayangnya, pada beberapa kasus penderita cenderung mengalami ketidakseimbangan kolesterol. Kadarnya yang terlalu tinggi dapat menyumbat aliran darah hingga menyebabkan komplikasi penyakit, seperti gangguan jantung hingga stroke, Beauty.

Salah satu cara untuk menjaga kadar kolesterol tetap stabil adalah dengan menjaga pola makan. Di saat ada makanan yang sebaiknya dihindari, seperti yang mengandung lemak trans, ada pula makanan yang baik untuk penderita kolesterol.

Nah, kira-kira apa saja makanan yang baik untuk penderita kolesterol tersebut? Yuk, simak selengkapnya dalam artikel yang sudah HerStory rangkum dari laman Times of India, Sabtu (18/2/2023), berikut ini.

1. Oats

Oats merupakan salah satu makanan yang kaya serat dan baik untuk mengurangi kolesterol jahat atau LDL. Satu cangkir oats mengandung 307 kalori, 10,7 gram protein, dan lebih dari 8 gram serat.

2. Ikan 

Selanjutnya adalah fatty fish atau ikan dengan kaya kandungan asam omega-3. Ikan berminyak ini berfungsi untuk mengurangi kadar trigliserida dalam darah. Ini merupakan kandungan lemak yang dijadikan sebagai cadangan energi.

3. Kacang almond

Banyak penelitian yang membuktikan bahwa kacang almond memiliki manfaat dalam penurunan tekanan darah.

Namun, kamu harus mengonsumsinya dalam porsi yang terkontrol sebab kacang yang satu ini memiliki tingkat kalori yang cukup tinggi. Seporsi almond mengandung 165 kalori, 6 gram protein, dan 3 gram serat.

4. Terong

Terong merupakan salah satu makanan yang tinggi serat dan rendah kalori. Inilah yang membuat sayuran satu ini cocok untuk mengatasi masalah kolesterol. Seratus gram terung mengandung 25 kalori, 3 gram serat, dan satu gram protein.

5. Minyak sayur

Sebaiknya ganti minyak makan menggunakan minyak sayur yang lebih sehat. Kamu bisa menggunakan minyak kanola, bunga matahari, zaitun dan lainnya untuk mengontrol lonjakan kolesterol, Beauty.

6. Kedelai

Selanjutnya ada kedelai yang mana merupakan makanan yang mampu menurunkan kadar kolesterol secara aman. Mengonsumsi 25 gram kedelai mampu menurunkan 5 persen kolesterol tinggi, lho. 

Hal ini terjadi karena kedelai mengandung protein dan serat yang tinggi. Oleh karena itu, kacang-kacangan yang satu ini juga cocok untuk menurunkan berat badan.

Nah, itu dia beberapa makanan yang dapat menurunkan kadar kolesterol tinggi. Selamat mencoba, Beauty!

Share Artikel:

Oleh: Noorma Amalia Siregar