Menu

Nyeri Sendi Bikin Aktivitas Harianmu Terganggu Moms? Berikut 5 Jenis Makanan Sehat untuk Mengatasinya, Cuss Cobain!

22 Februari 2023 16:25 WIB

Seorang wanita sedang mengonsumsi buah-buahan. (pinterest/freepik)

HerStory, Jakarta —

Nyeri sendi masih menjadi masalah kesehatan yang dikeluhkan masyarakat Indonesia. Masalah kesehatan ini gak cuma dialami oleh mereka dengan usia lanjut, tapi mereka yang masih usia produktif juga kerap mengeluhkan hal ini.

Ada banyak faktor yang mempengaruhi Moms. Mulai dari terlalu banyak makan fast food, makanan manis, dan berlemak. Jika nyeri terjadi secara terus menerus maka bisa mengganggu aktivitas harian penderitanya nih Moms. 

Apalagi sendi merupakan organ penting dalam pergerakan tubuh dan sudah selayaknya dijaga kesehatannya. Berikut ini beberapa asupan makanan yang bisa mengurangi risiko nyeri sendi. Apa saja?

1. Seafood

Seafood yang berasal dari golongan krustasea seperti udang, lobster atau kepiting mengandung glukosamin yang dapat membantu memelihara kesehatan sendi serta mengurangi keluhan nyeri, pembengkakan, dan kekakuan pada osteoarthritis.

2. Bawang Putih

Bawang putih mengandung senyawa yang dapat berperan sebagai anti inflamasi dan dapat mengurangi gejala nyeri sendi. Selain itu, bawang putih juga dapat meningkatkan fungsi sel-sel kekebalan tertentu untuk membantu memperkuat sistem kekebalan tubuh.

3. Sayuran hijau

Ragam sayuran seperti kembang kol, jamur dan brokoli baik dikonsumsi untuk Kesehatan sendi karena mengandung sifat anti-inflamasi yang penting untuk membantu mengurangi gejala radang sendi.

Selain itu, Sulforafan yang terdapat dalam sayuran hijau juga dapat menghambat pembentukan enzim yang menyebabkan peradangan pada tulang dan sendi.

4. Buah-buahan

Buah dari kelompok beri seperti stroberi, blackberry, blueberry, raspberry dan cranberry banyak mengandung antioksidan dan memiliki kemampuan untuk melawan arthritis atau radang sendi.

Anthocyanin yang ditemukan pada kelompok buah tersebut memiliki efek anti radang. Selain itu, buah-buahan yang kaya akan vitamin C seperti jeruk, anggur, dan limau juga dapat menjaga kondisi sendi agar tetap sehat.

5. Susu dan produk olahannya

Beragam produk susu rendah lemak secara rutin dapat menurunkan tingkat keparahan osteoartritis pada lutut. Selain itu, produk olahan susu, seperti yoghurt dan keju kaya akan kalsium dan vitamin D terbukti dapat meningkatkan kekuatan otot, serta menunjang sistem daya tahan tubuh.

Selain menerapkan gaya hidup sehat dan mengonsumsi ragam makanan tersebut, bagi kamu yang sudah terlanjur mengalami nyeri sendi, dapat mengatasinya dengan mengonsumsi suplemen sendi seperti Viostin. Suplemen ini mengandung magnesium, mangan, zinc dan vitamin C yang sangat bermanfaat meredakan nyeri sendi. Semoga informasi ini bermanfaat ya Moms!

Lihat Sumber Artikel di Suara.com

Disclaimer: Artikel ini merupakan kerja sama HerStory dengan Suara.com. Hal yang terkait dengan tulisan, foto, grafis, video, dan keseluruhan isi artikel yang tayang di website ini menjadi tanggung jawab HerStory.

Share Artikel:

Oleh: Sri Handari