Menu

Sederet Bahaya yang Terjadi Kalau Pakai Bra Terlalu Ketat, Bahayanya Fatal Banget!

27 Februari 2023 10:05 WIB

Salah satu koleksi UNIQLO Wireless Bra. (Press Release/Edited By HerStory)

HerStory, Bandung —

Memakai bra terlalu ketat mungkin dilakukan beberapa wanita. Tapi, tahu gak Moms kalau hal tersebut berbahaya?

Ada beberapa akibatnya jika memakai bra terlalu ketat, lho. Salah satunya adalah membuat payudara iritasi dan mengalami luka. Yuk, simak bahaya lainnya berikut ini!

1. Penyumbatan kelenjar getah bening

Pembuluh limfatik pada payudara sangat tipis, mereka dapat dengan mudah dikompresi dengan tekanan minimum konstan dari bra yang ketat.

Tekanan ini bisa menutup katup dan pembuluh limfa sehingga dapat menyebabkan penyumbatan kelenjar getah bening.

2. Payudara bisa terluka

Masalah paling umum mengenakan ukuran bra yang salah yakni dapat menyebabkan payudara terluka. Jika memakai bra yang tidak pas atau terlalu ketat itu juga dapat menyebabkan nyeri dan luka di bawah atau sisi payudara, sehingga menciptakan jaringan parut.

3. Kanker Payudara

Penelitian yang dilakukan di Universitas Harvard telah mengaitkan bagaimana penggunaan bra yang terlalu ketat memiliki risiko dengan kanker payudara.

Kondisi ini disebabkan karena pemakai bra ketat dapat mengalami sirkulasi darah yang terbatas dan dapat merusak jaringan getah bening. Hal ini terutama terjadi pada perempuan yang memakai bra selama lebih dari 12 jam sehari.

4. Sesak napas

Sering dianggap sepele, sesak napas akibat bra yang terlalu ketat kadang hanya dilihat sebagai ‘pains for fashion’. 

Namun celakanya, bra terlalu ketat bukan satu-satunya penyebab. Gejala awal serangan jantung juga ditandai dengan sesak napas, dan bisa saja terabaikan karena sudah biasa sesak napas karena bra yang terlalu ketat.