Menu

Jangan Sembarangan Moms, Ini Cara Tepat Atasi Hidung Tersumbat Pada Bayi!

27 Februari 2023 16:20 WIB

Ilustrasi dokter sedang memeriksa bayi yang sakit. (Freepik/rawpixel.com)

HerStory, Bandung —

Musim hujan seringkali mendatangkan penyakit seperti flu yang membuat tak nyaman. Gak hanya orang tua, penyakit ini juga bisa saja menyerang anak-anak dan juga bayi. 

Ketika flu, hidung pun akan terasa tersumbat yang membuat anak tak nyaman. Untuk mengatasi hal tersebut, orang tua harus paham bagaimana caranya mengatasi hidung tersumbat yang terjadi pada bayi. Berikut adalah beberapa cara yang bisa dilakukan, diantaranya:

1. Mandikan dengan Air Hangat

Salah satu cara mengeluarkan ingus pada bayi yakni dengan memandikannya terlebih dahulu. Mandikan bayi dengan air hangat agar membantu lendir lebih mudah keluar. Uap panas yang dihasilkan dari air hangat dapat terhirup bayi sehingga membuat pernapasan lebih lancar.

2. Uap dengan Air Hangat

Selain memandikan bayi, uap air hangat juga berguna untuk mengeluarkan ingus bayi. Cukup sediakan air hangat pada ember dan biarkan bayi menghirup uapnya.

3. Pakai Cairan Saline

Larutan saline juga dapat digunakan untuk mengeluarkan ingus pada bayi. Adapun untuk menggunakannya, ikuti langkah berikut:

- Siapkan larutan saline

- Posisikan bayi berbaring dengan kondisi kepala sedikit mendongak ke atas

- Teteskan cairan saline ke hidung bayi

- Biasanya lendir akan keluar lewat batuk atau bersin yang terjadi beberapa saat setelah obat diberikan

4. Pakai Alat Penyedot Hidung

Orang tua juga bisa menggunakan alat penyedot hidung khusus untuk mengeluarkan ingus pada bayi. Ada dua jenis alat penyedot yang bisa dipilih, yakni bulb syringe atau nasal aspirator.

Bulb syringe terbuat dari karet khusus sehingga mudah dan aman digunakan. Orang tua cukup memasukkannya ke ujung hidung bayi lalu tekan bagian bulat sampai terasa ada cairan masuk.

Sedangkan, nasal aspirator bisa dipilih karena lebih efektif dan efisien. Moms cukup menggunakan selang serta tabung elektrik untuk mengeluarkan ingus.

Artikel Pilihan