Menu

Bisa Cegah Stunting, Dokter Ahli Ungkap Sederet Manfaat Lain dari Tempe untuk Kesehatan, Punya Gizi Lebih Baik daripada Daging Lho!

27 Februari 2023 20:00 WIB

Foto tempe. (Ummu Hani/HerStory)

HerStory, Jakarta —

Tempe merupakan makanan pokok asli Indonesia. Hampir sebagian besar masyarakat Tanah Air mengonsumsi tempe karena mudah ditemukan dan harganya terjangkau. 

Namun tahukah Moms, tempe memiliki sejuta manfaat bagi kesehatan, terutama untuk si kecil. Bahkan, tempe punya kandungan gizi yang lebih baik dari daging sapi lho! 

Dokter Gizi Klinis, dr. Fiastuti Isbandi Witjaksono, mengungkapkan, salah satu manfaat besar dari tempe adalah mencegah stunting

“Kandungan protein yang tinggi di dalamnya mampu membantu sel tubuh berkembang. Dalam 100 gram tempe terkandung 20,7 gram protein, sementara daging 18,8 gram,” ungkap dr. Fiastuti, dalam Peluncuran Taro Tempe di Rumah Wijaya, Jakarta, Senin (27/2/2023). 

dr. Fiastuti menuturkan, orang indonesia yang kurang makan tempe maka asupan proteinnya juga minim. Sebab itu menurutnya, tempe berperan besar dalam mengurangi kasus stunting di Tanah Air. 

“Kita harusnya bangga menjadi bangsa tempe. Karena tempe membantu mengurangi kekurangan protein tubuh. Bayangkan kalau tidak ada tempe, saya rasa angka stunting bisa lebih tinggi di Indonesia,” tutur dr. Fiastuti. 

Adapun yang membuat tempe memiliki manfaat tinggi adalah proses pembuatannya. Saat diolah, bahan-bahan untuk membuat tempe, seperti ragi mampu menghilangkan efek negatif dan meningkatkan manfaat positif dari kedelai. 

“Pertama itu meningkatkan asam lemak, asam amino, dan menurunkan karbohidrat. Saat diolah, tempe juga meningkatkan kadar antioksidan, dan mineral. Selain itu, kedelai yang diolah menjadi tempe kadar asam fitat dan anti tripsin berkurang,” ucap dr. Fiastuti. 

Tak hanya itu, tempe yang sudah jadi mengandung protein nabati, serat, tsoflavon peptida probiotik, kalsium, potassium, magnesium dan phytoetrogen. 

dr. Fiastuti juga mengatakan, kandungan-kandungan tersebut bisa menjaga tubuh dari berbagai penyakit, seperti serangan jantung dan masalah saluran cerna. 

“Tempe juga menjaga kadar glukosa darah, kadar kolesterol darah sehingga menjaga kesehatan jantung. Sementara bagi wanita bisa menurunkan gangguan pada kondisi menopause serta anti kanker,” katanya. 

Lebih lanjut, dr. Fiastuti memaparkan kebutuhan protein harian bagi manusia. Hal ini guna menyeimbangkan gizi, seperti pembentukan hormon hingga respon imun dalam tubuh. 

“Secara ilmiah kebutuhan protein itu 0,8-1,2 gram setiap 1kg berat badannya. Di dalam satu porsi tempe proteinnya 6-8 gram. Perlu diingat meski tempe super food, perlu protein nabati dalam variasi makanan,” tutupnya. 

Share Artikel:

Oleh: Ummu Hani

Artikel Pilihan