Menu

Jangan Diabaikan Karena Bahayanya Bisa Fatal, Ini 4 Tanda Kalau Sirkulasi Tubuh Gak Lancar!

28 Februari 2023 12:45 WIB

Ilustrasi pusing yang merupakan salah satu gejala dari anemia dan darah rendah. (Freepik/benzoix)

HerStory, Bandung —

Sirkulasi darah penting bagi tubuh karena bisa membawa darah yang mengandung nutrisi dan oksigen ke seluruh tubuh. Ketika sirkulasi darah buruk, hal ini bisa menjadi berbagai penyebab dampak negatif pada tubuh.

Sirkulasi darah yang buruk juga akan menyebabkan berbagai masalah kesehatan dalam tubuh. Lalu, bagaimana cara mengetahui sirkulasi darah yang buruk? Yuk, simak beberapa gejala berikut ini!

Kram dan kesemutan

Kondisi kram atau kesemutan ini sendiri terjadi karena adanya penekanan pada pembuluh darah. Hal tersebut menganggu aliran darah dan menyebabkan kram dan kesemutan.

Biasanya kondisi kesemutan atau kram ini dialami dalam waktu yang singkat. Namun, jika kram atau kesemutan yang dialami tidak kunjung hilang dalam waktu yang lama, dapat menjadi tanda adanya gangguan pada sirkulasi darah.

Mati rasa

Ketika bagian tubuh mengalami mati rasa dapat menjadi tanda adanya gangguan pada sirkulasi darah. Perlu diketahui, mati rasa ini sendiri disebabkan kerusakan saraf-saraf perasa serta aliran darah pada bagian tubuh tersebut. Kondisi ini sendiri harus dikonsultasikan ke dokter untuk mendapat penanganan lebih lanjut.

Dingin pada tangan atau kaki

Darah sendiri juga berfungsi menyeimbangkan fungsi tubuh. Jika aliran darh terganggu, dapat menyebabkan bagian tubuh tertentu menjadi dingin. Kondisi dingin ini sendiri juga terjadi pada area tersebut saja. Bahkan orang yang mengalaminya juga terkadang tidak menyadari hingga disentuh.

Bengkak pada kaki atau tangan

Selain dingin, tanda adanya gangguan sirkulasi darah ini sendiri yaitu pembengkakan. Biasanya, kondisi bengkak ini terjadi pada ibu hamil atau penderita penyakit jantung. Pada penderita penyakit jantung biasanya terjadi karena ketidakmampuan tubuh memompa darah kembali. Oleh karena itu, tubuh menjadi bengkak.

Artikel Pilihan