Menu

Mengidap Hipotensi? Ini 7 Tips Diet Sehat untuk Penderita Darah Rendah, Praktekkin Sekarang Ya!

01 Maret 2023 18:05 WIB

Ilustrasi pusing yang merupakan salah satu gejala dari anemia dan darah rendah. (Freepik/benzoix)

HerStory, Jakarta —

Beberapa orang mungkin mengalami darah rendah atau hipotensi. Lantas, pernahkah Beauty mengalaminya juga?

Darah rendah adalah kondisi medis di mana tekanan darah seseorang lebih rendah dari normal. Beberapa orang dengan darah rendah mungkin merasa lelah, pusing, dan bahkan kehilangan kesadaran.

Menurut Asosiasi Jantung Amerika (AHA), dokter biasanya tak menganggap tekanan darah rendah sebagai masalah, kecuali jika menyebabkan tanda dan gejala yang nyata.

Sementara itu, dilansir dari Medical News Today, tekanan darah yang sangat rendah bisa menjadi tanda reaksi alergi atau pendarahan internal. Ini dapat mengancam jiwa jika oksigen dan nutrisi tak dapat mencapai otak, jantung, dan organ vital lainnya.

Namun, perlu kamu ketahui, Beauty, diet sehat untuk pengidap darah rendah yang tepat dapat membantu menjaga tekanan darah dalam rentang normal dan mengurangi risiko terjadinya hipotensi, lho.

Jadi, buat Beauty yang mengalami darah rendah, simak beberapa tips diet sehat untuk pengidap darah rendah berikut ini, ya.

1. Konsumsi cukup air

Minumlah air dalam jumlah cukup untuk menjaga hidrasi tubuh dan mencegah dehidrasi, yang bisa memperburuk gejala hipotensi.

2. Konsumsi makanan yang mengandung natrium

Natrium membantu menaikkan tekanan darah, jadi konsumsilah makanan yang mengandung natrium dalam jumlah moderat seperti garam, saus tomat, dan makanan kaleng.

3. Konsumsi makanan yang mengandung kalium

Kalium membantu menurunkan tekanan darah dan mempertahankan keseimbangan elektrolit dalam tubuh. Konsumsi makanan yang kaya kalium seperti pisang, alpukat, kentang, dan tomat.

4. Konsumsi makanan yang mengandung magnesium

Magnesium juga membantu menurunkan tekanan darah dan dapat ditemukan dalam kacang-kacangan, biji-bijian, sayuran hijau, dan ikan.

5. Hindari minuman berkafein dan alkohol

Minuman berkafein dan alkohol dapat menyebabkan dehidrasi dan memperburuk gejala hipotensi.

6. Makan secara teratur

Makan dalam porsi kecil dan sering bisa membantu menjaga tekanan darah tetap stabil. Jangan melewatkan waktu makan dan hindari makanan yang terlalu banyak gula atau terlalu berlemak.

7. Konsumsi makanan yang kaya serat

Makanan yang kaya serat seperti buah, sayuran, dan biji-bijian dapat membantu menjaga kesehatan pencernaan dan mencegah sembelit, yang dapat memperburuk gejala hipotensi.

Nah, tak ada salahnya untuk mencoba kan, Beauty? Sehat selalu ya!

Share Artikel:

Oleh: Nailul Iffah